Kamis, 15 Agustus 2013

Cara Mencegah Pneumonia Dan Meningitis Dengan Imunisasi IPD

Mencegah pneumonia dan meningitis dengan imunisasi IPD merupakan hal penting yang harus diketahui oleh orang tua. Dua penyakit ini membutuhkan perhatian khusus agar anak segera pulih kondisi kesehatannya karena sangat berbahaya dan bisa menjadi fatal. Sebenarnya dengan asupan gizi seimbang akan memudahkan orang tua untuk melakukan pencegahan sejak dini beragam penyakit yang akan menyerang anaknya. Prinsip lebih baik mencegah daripada mengobati merupakan prinsip yang seharusnya dilakukan oleh semua orang tua untuk menjaga sang buah hati tercinta.
Kadang anak tidak dapat menyampaikan keluhan rasa sakitnya kepada orang tua dan orang tua pun kadang membiarkan gejala ataupun keluhan anak. Akibatnya, penyakit yang sebenarnya ringan dan dapat diatasi menjadi berbahaya dan sulit dilakukan tindakan pengobatan secara cepat.

Pneumonia Dan Meningitis Pada Anak
Penyakit pneumonia yang terjadi pada anak terjadi akibat daya tahan tubuh anak melemah atau menurun. Pneumonia terjadi akibat adanya infeksi pernapasan akut. Infeksi tersebut mempengaruhi paru-paru. Alveoli yang merupakan bagian dari paru-paru tidak dapat bekerja dengan baik ketika mengisi udara, sehingga menyebabkan kesulitan bernapas akibat suplai oksigen yang sangat terbatas.
Sedangkan meningitis merupakan peradangan yang terjadi pada meningen. Meningitis terjadi akibat berbagai organisme seperti virus, bakteri ataupun jamur yang menyebar masuk ke dalam darah dan berpindah ke dalam cairan otak. Jika penyakit meningitis yang disebabkan oleh virus tidak berbahaya, penyakit tersebut akan pulih tanpa pengobatan maupun perawatan intensif. Akan tetapi, jika penyakit meningitis yang disebabkan oleh bakteri dapat mengakibatkan penyakit yang lebih serius, misalnya terjadi kerusakan pada otak, menurunnya fungsi pendengaran, menurunnya kemampuan belajar, bahkan mungkin menyebabkan kematian. Adapun meningitis disebabkan oleh jamur sangat jarang terjadi. Oleh karena itu, upaya mencegah pneumonia dan meningitis dengan imunisasi IPD perlu diketahui. Bila kondisi anak dengan kekebalan tubuh yang membaik, maka akan menjadikan imunisasi IPD tidak dilakukan dan cukup dengan memperhatikan terus asupan gizi pada anak.
Pencegahan Pneumonia Dan Meningitis Pada Anak
Sebenarnya setiap anak memiliki daya tahan tubuh yang kuat ketika asupan gizi yang diberikan oleh sang Ibu memenuhi syarat bergizi dan seimbang. Selain itu, berikut ini terdapat beberapa upaya pencegahan lainnya, yaitu:

  •  Pemberian ASI eksklusif.
  •  Memberikan vaksin yang disarankan oleh dokter dalam satu tahun pertama kelahiran
  •  Menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
  •  Membiasakan anak untuk hidup sehat, misalnya dengan tidak jajan sembarangan serta mencuci tangan sebelum makan.
Sebenarnya pengobatan dan pencegahan yang utama adalah peran aktif orang tua, baik ayah maupun ibu dalam menjaga buah hatinya. Namun pencegahan tetap diperlukan dengan memberikan imunisasi IPD kepada anak terutama yang mempunyai resiko tinngi.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates