Kamis, 15 Agustus 2013

Amankah Rontgen Pada Kehamilan Trimester 2 ?

Wanita hamil memang harus selalu ekstra hati-hati dalam segala hal jika ingin menjaga kehamilannya agar tetap aman dan sehat. Bahaya ada dimana-mana, dan salah satunya adalah bahaya sinar rontgen. Bagi wanita yang buta akan hal ini akan sangat berbahaya karena foto rontgen bisa mengakibatkan dampak fatal bagi kehamilan, seperti cacat pada bayi yang kerap kali terjadi pada masa kehamilan muda dan lain sebagainya.

Wanita yang sedang hamil ada baiknya tidak melakukan pemeriksaan dengan menggunakan sinar x ray, terutama bagi mereka yang masa kehamilannya masih dini atau pada trimester kedua, dimana organ-organ janin mulai terbentuk. Untuk wanita hamil yang kehamilannya sudah menginjak trimester akhir, pemeriksaan menggunakan x ray juga tidak bisa dilakukan begitu saja. Jika bisa dihindari, sebaiknya dihindari, atau jika memang terpaksa harus dengan pengawasan dokter. Radiasi yang dipancarkan pun harus tidak boleh melebihi 10 rad. Karena kelebihan rad akan berakibat pada keterbelakangan janin serta gangguan di daerah mata. Jika pemeriksaan x ray dilakukan di area dada, maka tidak boleh lebih dari 290 milirad.
Selain menimbulkan keterbelakangan otak, cacat tubuh, dan gangguan mata, sinar x ray yang berlebihan juga bisa berakibat pada kanker darah atau leukimia. Lalu jika x ray yang digunakan masih sesuai standar apakah masih aman? Memang kemungkinan resiko penggunaan x ray dengan jumlah standar ini akan lebih kecil, tapi bukan berarti aman sama sekali. Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan pemeriksaan apapun demi menjaga keselamatan bayi tercinta anda.

Salah satu contoh yang perlu anda perhatikan adalah, ketika anda sedang ingin memeriksakan gigi anda yang sedang bermasalah ketika hamil. Sebagian pemeriksaan gigi menggunakan rontgen. Pastikan anda meminta saran terlebih dahulu dari dokter jika pemeriksaan bisa dilakukan tanpa sinar rontgen ini atau dilakukan dengan alternatif lain yang lebih aman untuk janin anda. Rajin-rajin juga membaca buku-buku atau artikel yang bermanfaat bagi anda seputar larangan dan hal-hal yang dilakukan oleh ibu hamil. Dengan mengetahui bahaya maka anda akan lebih aman. Pastikan anda membekali diri dengan informasi yang tepat supaya anda bisa menjaga kehamilan anda sendiri dan menyelamatkan bayi anda dari hal-hal yang tidak anda inginkan atas ketidaktahuan anda pada masalah-masalah kesehatan dan lain sebagainya. Jadilah ibu yang kritis dan selalu ingin tahu untuk menghindari hal-hal negatif yang bisa kapan saja muncul ketika anda hamil. Cari pengetahuan lebih tentang aturan-aturan penggunaan sinar x ray dan alternatif yang tepat. Jangan melakukan tindakan gegabah karena akan berakibat fatal. Tidak hanya menghindari penggunaan sinar x ray, tetapi anda juga harus waspada dengan hal-hal lain yang beresiko bagi bayi anda, seperti bahaya radiasi bagi kehamilan misalnya.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates