Kamis, 15 Agustus 2013

Badan Gemuk Menghambat Pertumbuhan Anak

Kebanyakan orang tua menganggap bahwa badan yang gemuk dari anaknya memberikan pertanda anak sedang mengalami pertumbuhan yang optimal. Juga ada sebagian lain yang memiliki pendapat bahwa anak gemuk adalah anak sehat. Jadi, orang tua lebih suka untuk melihat anaknya bertambah gemuk setiap harinya. Namun juga perlu dipahami apakah badan gemuk menghambat pertumbuhan anak.Badan gemuk pada anak yang masih kecil memang patut untuk diperhatikan dengan benar karena memang akan memberikan beberapa pengaruh kurang baik bagi pertumbuhan anak. Salah satunya adalah faktor kemalasan pada anak yang pada akhirnya anak tidak mau bergerak.

Badan Gemuk Bisa Mengundang Penyakit

Faktor kemalasan untuk bergerak itu sendiri dikarenakan anak terlalu memiliki berat badan yang berlebih sehingga malas untuk melakukan berbagai kegiatan. Akibat buruk dari malasnya itu akan menyebabkan berbagai gangguan pada fisik seorang anak. Jadi ada baiknya bagi para orang tua untuk mengesampingkan terlebih dahulu keinginan melihat anaknya gemuk. Meskipun terlihat lucu pada balita ternyata badan gemuk menghambat pertumbuhan anak. Pertumbuhan yang melebihi berat yang ideal tersebut mampu memberikan beberapa penyakit yang bisa menghambat perkembangan si anak. Salah satunya adalah adanya gangguan pada sistem pernapasan dan asma.

Hindarilah Diet Untuk Masa  Pertumbuhan

Tentu sebagai orang tua yang bijak kita tidak ingin melihat anak kita yang sangat disayangi mengidap gangguan pada bagian pernapasannya. Oleh karena itu, sudah saatnya kita memperhatikan setiap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh anak.Dengan menjaga asupan makanan yang tepat maka anak bisa terhindar dari adanya kegemukan atau obesitas. Sedangkan untuk anak yang sudah terlanjur gemuk maka tidak diperbolehkan bagi orang tua untuk melakukan program diet bagi anak tersebut.Adanya program diet pada anak malah menimbulkan sebuah permasalahan yang baru. Permasalahan tersebut adalah adanya gangguan pencernaan yang dikhawatirkan akan menghinggapi anak ketika dipaksa untuk ikut program diet. Oleh karena itu, jagalah selalu makanan yang masuk ke dalam tubuh agar tidak menimbulkan berat badan yakni dengan mengurangi konsumsi gula atau makanan yang manis.Selain itu, usahakan anak agar rutin untuk berolahraaga seperti berjalan atau berlari setiap pagi. Bisa juga diganti dengan bersepeda. Dengan demikian anak akan terhindar dari badan gemuk menghambat pertumbuhan anak.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates