Kamis, 15 Agustus 2013

Camilan Sehat Ibu Hamil Trimester 2

Memperhatikan kondisi kehamilan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh wanita. Ini adalah supaya kondisi ibu tetap terjaga dan mengurangi resiko yang biasa terjadi pada wanita hamil.  Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memakan makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi. Pada saat ingin ngemil, ibu hamil juga harus memperhatikan camilan yang sehat.  Adapun jenis camilan sehat untuk ibu hamil trimester 2 adalah jenis-jenis makanan yang mengandung protein, vitamin, sumber tenaga, dan juga zat besi.

  1. Protein dibutuhkan oleh tubuh sebagai zat yang membantu pembentukan berbagai jaringan pada tubuh calon bayi yang ada di kandungan ibu atau yang seringkali disebut sebagai janin. Protein ini sangat bagus untuk membentuk jaringan otak, sehingga bayi yang lahir nanti akan menjadi bayi dengan otak yang cerdas dan pintar. Jika kekurangan sumber protein ini maka pertumbuhan bayi akan terhambat dan kemungkinan bayi lahir berat tubuh yang kurang akan cukup besar. Selain itu, bahaya paling besar adalah kekurangan protein bisa berdampak pada keguguran.  Adapun makanan yang mengandung protein adalah tahu, tempe, susu, telur, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Untuk hasil yang bagus, menu makanan setiap hari harus selalu mengandung protein ini dengan jumlah yang cukup.
  2. Vitamin berfungsi untuk kesehatan biologis, tidak hanya untuk bayi tapi juga si ibu. Ada banyak vitamin seperti vitam A, B, C, B1, B2  B6  dan lai sebanyainya merupakan jenis vitamin yang penting untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Untuk vitamin ini bisa didapatkan dari berbagai macam buah dan sayuran. Akan lebih baik jika ibu hamil memakan buah-buahan dengan variasi yang berbeda-beda setiap saat untuk memperoleh nilai vitamin yang berbeda-beda pula. Biasanya orang yang semasa hamil selalu mengkonsumsi berbagai macam buah dan sayur yang kaya akan vitamin akan memperoleh bayi yang pintar dan cerdas. Karena vitamin ini juga bisa berpengaruh pada perkembangan otak janin di dalam kandungan.
  3. Adapun camilan sehat untuk ibu hamil trimester 2 adalah makanan yang mengandung sumber tenaga. Pada saat hamil, ibu memerlukan asupan makanan yang cukup mengandung sumber-sumber tenaga untuk memperkuat kondisi ibu hamil yang cenderung lemah dan lesu. Kondisi ibu yang tidak menentu seperti adanya perubahan secara biologis sering membuat kondisi ibu menjadi lemah. Selain itu makanan yang cukup akan sumber-sumber tenaga ini juga diperlukan untuk menyempurnakan berat bayi, jika kekurangan makanan dengan sumber-sumber tenaga yang bagus, maka akan sulit bagi janin dalam tubuh untuk menambah beratnya.
  4. Kandungan lainnya yang harus ada dalam asupan makanan ibu hamil adalah mineral. Mineral ini bisa berupa zat besi dan kalsium. Untuk zat besi bisa diperoleh dari sayur bayam dan lain sebagainya.  Sedangkan kalsium bisa didapat dari susu, keju, dan lain-lain.
Sebagai tambahan camilan sehat untuk ibu hamil trimester 2 adalah ibu hamil harus sering mengkonsumsi buah dan sayur seperti yang tertera di atas. Akan tetapi buah dan sayur yang baik dikonsumsi ibu hamil sedikit berbeda dari kebutuhan orang yang tidak hamil. Beberapa buah yang bagus untuk wanita hamil adalah pear, mangga, jeruk, anggur, dan apel. Sebaiknya rasa buah-buahan tersebut yang manis dan tidak terlalu asam. Untuk jenis sayuran yang bagus adalah selada, tomat, timun, bayam, kangkung, daun singkong, nangka muda, dan bayam yang berwarna merah.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates