Selasa, 28 Januari 2014

Tips Mengatasi Cradle Crap Pada Bayi

Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa cradle crap atau kerak pada kulit kepala bayi, merupakan salah satu hal yang wajar terjadi ketika bayi baru saja menjalani proses persalinan. Namun demikian, agar estetika penampilan bayi ini lebih optimal, akan lebih baik apabila cradle crap ini segera diatasi.

Kiat dan Tips

Berikut beberapa kiat dan tips mengatasi cradle crap pada bayi sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
  1. Lembab. Jaga agar kulit kepala bayi tidak terlalu lembab oleh keringat atau air, karena dapat menyebabkan cradle crap tidak segera mengering dan lepas sendiri menjadi serpihan-serpihan ketombe. Selain itu, kulit kepala yang terlalu lembab oleh keringat atau air, dapat memicu rasa gatal akibat pori-pori kulit kepala tersumbat oleh cradle crap yang tebal dan mengeras.
  2. Air hangat. Gunakan air hangat untuk melunakkan cradle crap yang masih melekat pada kulit kepala bayi. Sebagian besar cradle crap memang masih tebal dan cenderung sedikit keras, sehingga penggunaan air hangat bisa digunakkan untuk sedikit membantu memperlunak cradle crap yang telah mengeras. Setelah beberapa saat, coba keringkan kulit kepala bayi.
  3. Baby oil. Apabila penggunaan air hangat tidak dapat melunakkan cradle crap yang telah mengeras atau terlalu tebal, gunakan saja baby oil pada seluruh permukaan kulit kepala menggunakan tangan atau kapas lembut, kemudian diberikan sedikit pemijatan.
  4. Potong rambut. Apabila pengusapan baby oil ke seluruh permukaan rambut ini mengalami kesulitan, tidak ada salahnya memotong rambut bayi. Mungkin beberapa orangtua menyayangkan tindakan ini, namun dengan melakukan pemotongan rambut, cradle crap akan terangkat secara maksimal dan tidak menyebabkan permasalahan gangguan kulit kepala kelak di kemudian hari.
  5. Sikat lembut atau washlap. Apabila rambut bayi tidak dipotong, gunakan sikat lembut seperti gerakan menyisir untuk mengangkat cradle crap yang telah lunak oleh air hangat ataupun penggunaan baby oil. Namun apabila bayi telah dicukur rambutnya, gunakan washlap lembut dengan cara mengusap kulit kepala dari depan menuju belakang sambil dilakukan pemijatan.
  6. Cuci bersih. Pasca pembersihan cradle crap, segera cuci bersih kulit kepala bayi menggunakan baby shampoo dan air hangat. Pencucian kulit kepala cukup menggunakan washlap dan sebaiknya jangan diguyur karena dapat memicu rasa kaget bayi dan menimbulkan tangisan.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates