Senin, 07 Oktober 2013

Tahap Perkembangan Kanker Paru

Seperti halnya kanker lain, kanker paru tidak kalah menyeramkan. Sekali pun kanker ini bisa disembuhkan jika jenis, tahap, atau stadiumnya masih awal, kanker ini tetap harus diwaspadai. Sebab tahap awal perkembangannya, sangat sulit dideteksi. Agar kita mampu mewaspadainya, mengenal tahapan perkembangan kanker paru menjadi hal yang wajib. Apa sajakah itu?
Tahapan Perkembangan Kanker Paru Jenis NSCLC
Tahapan perkembangan kanker paru jenis non-small cell lung cancer (NSCLC ) terbagi atas 4 stadium berikut.
  • Stadium I NSCLC adalah tahap perkembangan kanker yang ditandai dengan tumbuhnya sel kanker hanya di dalam paru-paru. Pada stadium ini, sel kanker belum menyebar ke sel-sel jenis lain, termasuk ke sel kelenjar getah bening.
  • Stadium II NSCLC adalah tahap perkembangan kanker yang ditandai dengan menyebarnya sel kanker ke sel-sel lain di sekitar sel kanker terjadi, termasuk ke sel kelenjar getah bening.
  • Stadium III NSCLC adalah tahap perkembangan kanker yang ditandai dengan ditemukannya sel kanker di dalam paru dan di dalam sel getah bening di bagian tengah dada pasien. Tahap ini merupakan tahap lanjut dari perkembangan kanker. Tahap III NSCLC bisa dibagi lagi menjadi dua, yaitu IIIA dan IIIB. IIIA ditandai dengan hanya terjadinya penyebaran sel kanker hingga ke kelenjar getah bening di bagian sisi yang sama di mana kanker terjadi. Adapun IIIB terjadi ketika sel kanker telah menyebar ke bagian lain sisi getah bening, baik itu di atas, di bawah atau pun di bagian yang bersebrangan dengan sisi terjadinya kanker.
  • Stadium IV NSCLC adalah tahap paling lanjut dari kanker paru. Pada tahap ini, sel kanker benar-benar sudah menyebar. Baik di kedua bagian paru, getah bening, atau bagian lain tubuh, seperti hati atau organ-organ lain. Pada tahap inilah biasanya penderita kanker membutuhkan perawatan yang sangat intensif seperti kemoterapi. Dan ini wajib hukumnya karena sudah menyangkut hitungan umur penderita.
Tahapan Perkembangan Kanker Paru Jenis SCLC
Tahapan perkembangan kanker paru jenis small cell lung cancer (SCLC) terbagi menjadi 2 tahap sebagai berikut :
  • Limited stage lung cancer atau tahap kanker paru terbatas. Yaitu tahap ketika sel-sel kanker hanya ada di salah satu bagian paru saja. Dan penyebarannya pun masih terjadi di sekitar bagian paru itu. Dan penyebaran ke bagian lain paru dan getah bening belum terjadi.
  • Extensive stage lung cancer atau tahap kanker paru ekstensif. Yaitu tahap ketika sel-sel kanker sudah bermetastasis atau menyebar ke bagian paru yang lain, bagian tubuh yang lain, bahkan hingga ke otak.
Nah itulah tahapan perkembangan kanker paru berdasarkan jenis-jenis dari kanker paru itu sendiri. Waspadai setiap detil tahap-tahap ini sebab semakin rendah tahap, semakin mudah kanker itu diobati. Dan sebaliknya. 

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates