Senin, 07 Oktober 2013

Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Perut kembung adalah  jumlah abnormal gas di saluran pencernaan yang akan melewati keluar melalui anus. Biasa terjadi pada orang dewasa ataupun anak-anak.  Hal ini sering disertai dengan suara khas yang disebabkan oleh getaran dari sfingter analserta mengeluarkan bau yang tak sedap (kentut). Bau pada perut kembung berasal dari hidrogen sulfida yang berasal dari makanan, dan senyawa sulfur atau nitrogen yang mengandung methanethiol Perut kembung seringkali disertasakit perut , sendawa dan angin.
Penyebab perut kembung pada anak:
  • Pencernaan makanan yang kurang sempurna
  • Disebabkan bakteri
  • Gangguan motilitas
  • Minum di antara waktu makan
Gangguan di atas merupakan bagian normal dari manusia, namun apabila dibiarkan akan menyebabkan suatu penyakit lain yang lebih serius. Perut kembung adalah merupakan sinyak tubuh Anda,  bahwasanya ada masalah serius pada tubuh yang harus segera di tangani.
Solusi untuk masalah perut kembung adalah sebagai berikut:
  • Periksa kombinasi pada makanan – hindari terlalu banyak mengkonsumsi junk food, makanan olahan dan makanan yang di goreng juga merupakan salah satu penyebab perut kembung.  Tidak di sarankan mencampurkan buah dan sayur pada makanan yang sama.
  • Hindari makan makanan yang porsiny terlalu besar – makan dengan porsi besar menyebabkan  kapasitas enzim pencernaan dan akan mengakibatkan gangguan pencernaan yang menyebabkan fermentasi dan gas. Jangan minum di antara waktu makan. Makan perlahan dan mengunyah makanan lebih lama memungkinkan enzim dalam air liur untuk memecah makanan turun sebelum memasuki lambung dan saluran pencernaan.
  • Bakteri – pembentuk gas umumnya memakan karbohidrat dan gula tertentu. Jadi jika karbohidrat dikurangi atau dihilangkan, gas biasanya dapat secara signifikan berkurang. Jika makanan terdiri dari permen kelebihan daging, karbohidrat olahan, dan dengan kadar serat rendah, flora bakteri berubah mengarah ke pencernaan yang buruk. Perut kembung bisa juga disebabkan karena mengkonsumsi kubis, kecambah brussels, brokoli , bawang putih, gandum, ragibawang.
  • Minum air jahe setelah makan –  Ini akan membantu pencernaan dan akan mencegah perut kembung. Jahe yang sebelumnya telah di potong-potong lalu rebus bersama dengan air bersih, saring san ambil airnua untuk diminum.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates