Senin, 07 Oktober 2013

Membasuh Tubuh Bayi Dengan Air Hangat Sebelum Tidur

Penggunaan air hangat untuk membasuh badan ataupun untuk mandi, ternyata memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, apalagi jika dilakukan ketika menjelang waktu istirahat malam atau tidur. Tentunya bagibayi, mandi air hangat saat malam hari sebenarnya tidak dianjurkan, tetapi cukup dengan membasuh seluruh tubuhnya secara merata saja. Apa saja kegunaan dan manfaatmembasuh tubuh bayi dengan air hangat sebelum tidur?

Kegunaan dan Manfaat

Berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat membasuh tubuh bayi dengan air hangat sebelum tidur sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
  • Relaksasi. Menurut berbagai sumber, membasuh badan ataupun mandi dengan air hangat sebelum tidur selain bermanfaat untuk menghilangkan segala jenis debu atau kotoran yang melekat, juga berguna untuk memberikan stimulasi pada urat syaraf dan peredaran darah agar lebih lancar.
  • Kesegaran. Peredaran darah dan sistem syaraf yang terstimulasi secara optimal dengan penggunaan air hangat, akan berimbas pada sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh dan pada akhirnya berpengaruh juga terhadap kesegaran.
  • Nyenyak. Peredaran darah dan suplai oksigen yang lancar pada akhirnya akan berimbas pula pada kualitas istirahat atau tidur yang dilakukan. bayi akan lebih nyenyak dan lelap dalam menjalani aktifitas istirahat atau tidurnya.
  • Keseimbangan Metabolisme. Menurut berbagai penelitian yang pernah dilakukan, peredaran darah dan asupan oksigen yang lancar pada seluruh bagian tubuh, akan berimbas pula pada pengoptimalan kinerja hormon yang memproduksi berbagai jenis enzym yang berguna untuk sistem metabolisme tubuh.
  • Optimalisasi. Keseimbangan metabolisme tubuh yang terjadi, pada akhirnya akan berimbas pula pada pengoptimalan proses tumbuh-kembang bayi. Menurut berbagai penelitian, sebagian besar hormon pertumbuhan dan proses tumbuh-kembang bayi terjadi ketika bayi dalam keadaan lelap.
Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaatmembasuh tubuh bayi dengan air hangat sebelum tidur yang sebaiknya diketahui orangtua. Satu hal penting yang hendaknya diingat ketika usai membasuh bayi dengan air hangat adalah menjaga agar bayi tidak mengalami kedinginan dengan membalurkan minyak kayu putih ataupun minyak telon ke seluruh bagian tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates