Rabu, 09 Oktober 2013

Cara Mengatasi Radang Popok Pada Bayi

Kulit bayi yang halus dan lembut alami, membuat para orang tua ingin melindunginya dari berbagai masalah kulit, misalnya dengan cara memberikan lotion, bedak, atau produk perawatan kulit bayi yang lainnya. Padahal penggunaan produk-produk tersebut tidaklah selalu benar bahkan seringkali menyebabkan beberapa masalah kulit. Masalah lain yang sering dialami oleh para orang tua adalah radang popok, mereka seringkali bingung bagaimana dan tidak tahu cara mengatasi radang popok pada bayi.
Masalah radang popok pada bayi sangat umum dialami oleh bayi pada usia 0-12 bulan karena periode ini biasanya bayi masih sering menggunakan popok. Radang popok terjadi akibat beberapa hal, diantaranya : gesekan kulit bayi dengan popok basah, iritasi urin atau feces, infeksi jamur, alergi (sabun, detergen, tissue, bahan popok, dan lain-lain). Radang popok sendiri biasanya terdapat di daerah sekitar pantat dan kelamin, perut bagian bawah, serta selangkangan bayi. Gejala yang timbul adalah ruam berwarna kemerahan, timbul bintil-bintil merah, lecet, bersisik dan bengkak. Jika mendapati kondisi tersebut, orang tua jangan sampai mengabaikannya karena jika dibiarkan radang akan menyebar ke anggota tubuh yang lain. Untuk itu, mereka harus segera mencari cara mengatasi radang popok pada bayi.

Cara Mengatasi Radang Popok Pada Bayi

  1. Selalu bersihkan tubuh bayi sesaat setelah buang air besar dan kecil, dan hindari menggosok kulit bayi yang kemerahan.
  2. Sebelum memakaikan popok, Anda harus mengeringkan bagian tubuh bayi yang basah dengan cara menepuk lembut permukaan kulitnya dengan handuk atau mengangin-anginkan sebentar.
  3. Gunakan krim atau salep khusus yang mengandung bahan zinc untuk melindungi kulit bayi yang terserang radang.
  4. Jika radang tak juga sembuh dan justru bertambah parah, misalnya melepuh atau keluar nanah, maka Anda bisa segera konsultasi ke dokter spesialis kulit agar dilakukan tindakan segera.

Tips Mencegah Radang Popok Pada Bayi

  1. Pastikan popok dalam kondisi kering, sering-seringlah mengganti popok bayi Anda.
  2. Gunakan produk perawatan kulit bayi yang tepat.
  3. Hindari makanan yang menimbulkan alergi.
  4. Cuci popok dan pakaian bayi dengan detergen lembut dan bilas sampai bersih.
  5. Hindari pemakaian popok yang terlalu ketat karena akan membuat kulit bayi lembab dan mudah lecet.
  6. Hindari pemakaian popok dengan bahan karet atau plastic.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates