Rabu, 09 Oktober 2013

Kiat Menghadapi Bayi Picky Eater

Picky eater atau kondisi dimana bayi atau anak usia 1 tahun yang baru mulai makan, dimana biasanya mereka suka untuk pilih-pilih makanan adalah sebuah permasalahan sendiri dalam hal kebiasaan makan bayi. Selain susah makan, masalah bayi picky eater ini adalah hal yang dirasakan amat penting untuk segera diatasi karena berkaitan dengan asupan gizi yang diperlukan di masa perkembangan dirinya. Tips bayi yang mengalami picky eater atau pilih-pilih makanan haruslah didapatkan dengan tepat.
Bayi yang picky eater hanya mau satu atau dua jenis makanan saja. Maka dari itu, yang harus dilakukan orang tua adalah berusaha dengan sabar dan terus-menerus untuk memperkenalkan banyak jenis makanan kepada bayinya.
Mungkin reaksi pertama yang diberikan bayi akan menolak makanan tersebut atau malah akan tutup mulut. Dalam menghadapi masalah yang seperti ini maka orang tua tidak boleh putus asa. Memiliki sikap putus asa berarti sama saja kita membiarkan mereka kelaparan dan kekurangan asupan gizi yang baik. Oleh karena itu, ada baiknya mengikuti tips bayi yang mengalami picky eater atau pilih-pilih makanan.
  1. Buatlah variasi makanan
    Banyaknya variasi makanan yang berlimpah akan membuat bayi lebih bernafsu untuk makan. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus sejak awal menyiapkan menu-menu yang harus disiapkan atau dimasak untuk setiap hari.
    Dengan demikian maka kita akan lebih siap menghadapi apa saja keinginan si bayi. Hendaknya memilih variasi menu makanan yang disukai. Jadi siapkan sejauh mungkin menu makanan sebelum memasak.
  2. Jangan memaksa
    Kita sebagai orang tua hendaknya menghargai bayi yang masih belum ingin makan. Mereka pasti akan makan di waktu mereka merasa lapar. Kondisi orang tua yang sering memaksa makan malah menjadikan momen tersebut menjadi sebuah pertengkaran batin bagi bayi. Oleh karena itu, jangan memaksa dan berilah sedikit makanan ketika mereka meminta dan baru ditambah jika bayi minta tambah makanan.
  3. Makan yang menyenangkan
    Ingat untuk selalu membuat suasana yang sangat menyenangkan bagi bayi. Ketika makan maka orang tua harus bisa menciptakan kondisi menyenangkan karena hal tersebut mampu membuat bayi lebih semangat saat makan.
Demikianlah beberapa tips bayi yang mengalami picky eater atau pilih-pilih makanan

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates