Rabu, 09 Oktober 2013

Tips Menangani Mata Bayi Belekan

Saat si kecil hadir di dalam keluarga tentu menjadi momen yang membahagiakan. Sebagai orang tua, kita akan menjaga si kecil agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Akan tetapi, sering muncul gangguan pada si kecil. Seringkali kita menganggapnya sepele padahal jika dibiarkan bisa berbahaya, salah satunya yaitu mata belekan.

Cara Menangani Mata Bayi Belekan

Belekan bisa disebabkan terjadinya infeksi pada jalan lahir. Belekan juga bisa disebabkan sumbatan yang terjadi pada saluran air mata. Sumbatan ini menyebabkan aliran air ke rongga hidung terhambat dan air pun keluar dari mata bayi secara terus-menerus. Sehingga menyebabkan infeksi pada mata bayi.
Mata bayi yang belekan secara normal biasanya sedikit mengeluarkan kotoran dan hanya terjadi pada pagi hari. Jika hal ini terjadi, Anda dapat menanganinya dengan membersihkan mata yang belekan dengan kapas yang dibasahi air hangat. Bersihkan mata bayi yang belekan dari arah dalam ke luar mata sehingga kotoran tersapu bersih. Sementara itu, jika mata bayi belekannya tidak normal ditandai dengan kotoran yang keluar sangat banyak bahkan menyebabkan lengket matanya maka kompreslah mata dengan kapas yang sudah dicelup ke dalam air hangat. Dengan cara seperti itu kotoran mata dapat dibersihkan dengan lebih mudah.
Sebaiknya Anda memantau terus kotoran yang keluar dari mata bayi Anda. Jika Anda sudah membersihkannya tapi tetap belekan lebih dari tiga hari, segeralah bawa ke dokter anak. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pemijatan untuk mengatasi penyumbatan yang terjadi pada saluran air mata. Pijatan dilakukan di area mata bagian dalam yang dekat dengan pangkal hidung karena di sanalah daerah saluran air mata. Sebelum pemijatan dilakukan, cucilah tangan dengan bersih. Pastikan kuku Anda pendek dan kulit Anda tidak kasar. Gerakan ibu jari untuk memijat are mata bagian dalam hingga pangkal hidung. Pijatlah dengan lembut dan lakukan setiap hari sehingga dapat menghentikan air mata yang keluar terus menerus dari mata bayi.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates