Senin, 07 Oktober 2013

Mengenal dan Menangani Bayi TB Paru

Anda pasti cemas saat mendapati si kecil menderita batuk dan tak kunjung sembuh, karena batuk merupakan indikasi adanya penyakit yang menyertainya. Anda harus selalu waspada jika batuk si kecil disertai beberapa gejala lain, misalnya sesak nafas, demam tinggi karena bisa jadi ini merupakan gejala awal TB paru. Meskipun begitu, Anda jangan sembarangan menebak-nebak, jika Anda belum mengenal ciri-ciri bayi pengidap TB paru.
Anda pasti bertanya, apakah TB paru dan apa penyebab bayi Anda terkena TB paru. TB paru merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh paparan bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini bisa menyebar melalui percikan ludah, batuk, bersin, udara, kontak dengan penderita tuberculosis.
TB paru bisa dengan mudah menular pada bayi karena sistem imunitas bayi masih belum sempurna sehingga rentan terjangkit virus tersebut. Biasanya bayi yang terkena TB paru akan memiliki resiko yang lebih berat karena virus tersebut tidak hanya menyerang paru-paru melainkan menyebar ke seluruh organ tubuh bayi melalui aliran darah.
Ciri-Ciri Bayi Pengidap TB Paru sebagai berikut:
  1. Bayi menderita batuk disertai sesak lebih dari 3 minggu
  2. Badan bayi mengalami demam selama lebih dari satu minggu
  3. Berat badan turun drastis dan tidak bisa naik meskipun sudah mendapatkanpenanganan gizi yang baik
  4. Munculnya pembengkakan pada tulang atau sendi.
  5. Hasil tes laboratorium, menyebutkan : Uji tuberculin atau tes mantoux positif dan hasil rontgen terlihat ada flek
  6. Adanya pembesaran kelenjar pada leher, ketiak, dan lipatan paha yang tidak menimbulkan rasa nyeri jika ditekan.
Bayi pengidap TB paru harus segera mendapatkan pengobatan agar tidak menjalar ke organ tubuh lainnya, misalnya tulang dan sendi, jantung, ginjal, hati, dan otak. Penyakit TB paru memang sangat membahayakan, oleh karena itu harus dilakukan upaya pencegahan. Upaya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah TP paru pada bayi adalah dengan memberikan ASI dan makanan bergizi pada bayi, menjauhkan bayi dari penderita TBC, dan berikan imunisasi BCG.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates