Senin, 07 Oktober 2013

Fase dalam Siklus Haid untuk Mengetahui Masa Subur Wanita

Siklus haid dan masa subur adalah hal yang sangat berhubungan erat dengan wanita terutama mengenai sistem reproduksinya. Siklus haid itu sendiri adalah bagian integral dalam mengetahui masa subur dari seorang wanita.
Siklus haid dan masa subur dari seorang wanita dibagi menjadi beberapa fase berikut:
  1. Fase haid. Ini adalah fase dimana terjadi peluruhan darah haid yang menempel di dinding rahim. satu wanita bisa mengalami fase haid lebih lama atau lebih pendek dari wanita yang lain. namun secara normal, fase haid dapat terjadi selama dua sampai lima atau tujuh hari.
  2. Fase pra ovulasi. Fase ini adalah dimana di dalam ovarium terjadi proses pemproduksian sampai matangnya sel telur. Masa ini biasanya terjadi pada hari ketujuh setelah haid pertama sampai pada hari ketigabelas.
  3. Fase ovulasi. Inilah yang dikenal dengan masa subur yaitu masa dimana terjadi pelepasan sel telur yang matang dan siap untuk dibuahi. Untuk sebagian besar wanita, fase ini hanya dapat terjadi selama satu hari saja yaitu pada hari keempat belas sebelum masa haid selanjutnya.
  4. Fase pasca ovulasi. Hal ini terjadi jika sel telur yang matang tidak dibuahi dan akan menempel pada dinding rahim. Fase ini terjadi setelah fase ovulasi sampai sehari akan mengalami fase haid.
Ada beberapa cara untuk mengetahui masa subur dari seorang wanita. Salah satunya adalah dengan mengetahui siklus haid dengan tepat seperti apa yang telah dijelaskan di atas. Pada masa ovulasi itulah wanita akan mengalami masa subur.
Bagi sebagian wanita yang tak mengalami siklus haid normal maka masa subur dapat diketahui dengan dua cara yang lain yaitu:
  1. Mengetahui perubahan lendir servik. Pada masa ovulasi, bagian servik wanita akan mengeluarkan semacam lendir halus yang berwarna bening. Hal ini untuk menjaga keberadaan dari sel telur yang dihasilkan.
  2. Peningkatan suhu badan. Di masa subur, suhu badan memang akan meningkat, hanya saja peningkatan suhu tubuh ini terjadi tidak terlalu drastis.
Itulah bagaimana fase siklus haid wanita dan hubungannya dengan masa subur yang dimilikinya.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates