Senin, 07 Oktober 2013

Dampak Kekurangan Vitamin A pada Anak

Tumbuh kembang anak membutuhkan asupan gizi yang seimbang yang dapat diperoleh melalu makanan dan minuman yang dikonsumsi.  Kekurangan salah satu unsur gizi saja dapat berdampak buruk terhadap pertumbuhan anak masa sekolah yang memang membutuhkan asupan vitamin,  mineral, protein , karbohidrat, dan lemak untuk menunjang aktivitasnya.
Vitamin dan mineral bisa diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan.  Jadi berikanlah asupan sayur dan buah yang cukup untuk tumbuh kembang anak anda, karena kekurangan vitamin pada anak akan memberikan dampak yang sangat nyata, contohnya adalah kekurangan vitamin A.  Dampak kekurangan vitamin A pada anak dapat berpengaruh pada kecerdasan otaknya, mengapa demikian?  Mari kita simak ulasan berikut.
Vitamin A merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan mata.  Vitamin A juga berperan dalam melindungi dinding usus agar mampu menjalankan fungsinya secara optimal. Selain itu vitamin A juga diperlukan dalam mengisi sel-sel pada pembentukan tulang gigi. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan gangguan penglihatan seperti rabun senja, katarak, jarak pandang menurun dan penyakit mata lainnya.  Kekurangan vitamin A dapat disebabkan karena kurangnya asupan atau konsumsi vitamin A atau bisa juga akibat munculnya gangguan penyerapan viatamin, meningkatnya kebutuhan tubuh, maupun adanya gangguan konversi karoten menjadi vitamin A.
Tanda-tanda kekurangan vitamin A pada anak antara lain adalah pandangan mata terganggu, tidak bisa membaca jelas dalam jarak tertentu, mata mudah lelah dan xerosis kornea.  Selain gangguan pada mata, dampak kekurangan vitamin A pada anak juga dapat mengakibatkan munculnya penyakit autoimun dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut.  Penyebabnya adalah terganggunya sel T pada tubuh, dimana sel T merupakan sel yang mempengaruhi imunitas tubuh.
Dampak kekurangan vitamin A pada anak menimbulkan dampak negatif dan kelainan pada organ tubuh yang lain salah satunya adalah penyakit-penyakit yang menyerang usus dan saluran kencing.  Anak yang kekurangan vitamin A akan memiliki imunitas yang rendah, rentan terserang penyakit jaringan ikat, paru-paru, kanker kulit dan berbagai penyakit lainnya yang berkaitan erat dengan asupan vitamin A.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates