Senin, 07 Oktober 2013

Mengatasi Pembusukan Gigi Pada Anak

Gigi anak disebut gigi susu, umumnyaanak-anak memiliki 20 gigi dibandingkan dengan orang dewasa yang memiliki 32 gigi.Merawat gigi anak sangat penting sama halnya dengan merawat gigi orang dewasa. Fungsi gigi untuk mengunyah makanan sebelum dicerna ke dalam lambung. Selain hal tersebut gigi mendukung penampilan. Gigi susu juag berfungsi untuk memberikan ruang yang cukup untuk tumbuhnya gigi permanenKetika gigi bayi yang pertama muncul dalam mulut anak, tindakan yang harus dilakukan adalah datang ke dokter gigi untuk perawatan guna menghindari kerusakan pada gigi. Kunjungan ke dokter gigi untuk anak merupakan hal yang penting, biasakan anak merawat dan memeriksakan gigi sejak dini.
Kerusakan pada gigi adalah penyebab utama hilangnya gigi. Kunjungan ke dokter gigi akan memungkinkan deteksi dini dan perawatan yang tepat untuk kesehatan gigi anak. Jika pembusukan meluas dan mengenai syaraf gigi, dapat dilakukan pulpotomi (pengangkatan).
Cara mencegah kerusakan gigi pada anak:
  • Membatasi anak untuk mengkonsumsi gula seperti eskrim, softdrink, permen, coklat.
  • Menyikat gigi secara teratur dua kali sehari dan lakukan flossing gigi pada anak.
  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride
  • Gunakan sealants (lapisan plastik yang sangat tipis), terapkan pada permukaan gigiyang digunakan untuk mengunyah. Sealant biasa digunakan saat anak tumbuh geraham.
  • Segera ke dokter apabila menemukan tanda-tanda kerusakan pada gigi sebelum kerusakan menyebar sampai ke ujung syaraf gigi.
Mengatasi pembususkan pada gigi anak adalah:
Dokter gigi harus mendiskusikan kebiasaan makan anak dan gizi dengan orangtua, karena hal ini tidak hanya merupakan faktor penting dalam menghindari pembusukan, tetapi juga dalam menjaga keadaan sehat secara keseluruhan. Hal ini berguna untuk dicatat bahwa salah satu penyebab terburuk pembusukan pada anak adalah botol susuSindrom ini terjadi ketika orangtua membiarkan anak untuk tidur sambil menghisap puting botol susu atau minuman lain yang mengandung gula. Menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan cara menggosok gigi 2 kali sehari dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates