Rabu, 06 November 2013

Pencegahan Kanker Paru

Kanker terbukti menjadi satu jenis penyakit paling mematikan di dunia. Sudah banyak korban berjatuhan sejak lama. Ada berbagai macam jenis kanker, salah satunya adalah kanker paru. Apakah kanker bisa dicegah? Bagaimana dengan kanker paru? Adakah cara pencegahan kanker paru? Sebenarnya tidak ada cara pasti mencegah kanker tapi beberapa hal di bawah ini mungkin bisa membantu mencegah munculnya kanker paru.
Jangan merokok. Jika tidak pernah merokok, jangan mau memulainya. Bicarakan dengan orang yang disayang risiko rokok dan dampak buruknya sehingga mereka mengerti. Jika Anda perokok, usahakan untuk segera berhenti. Berhenti merokok akan mengurangi risiko terkena kanker paru. Anda bisa sedikit mengurangi risiko dari endapan nikotin yang dihisap bersama rokok tersebut.
Cara pencegahan kanker paru lainnya adalah dengan menghindari karsinogen di tempat kerja. Karsinogen adalah zat yang menyebabkan penyakit kanker. Zat ini mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh dan mengganggu proses-proses biologis manusia. Jika bekerja di tempat yang berpolusi, usahakan untuk selalu melindungi tubuh dengan masker atau alat lain.
Mengatur konsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanlah banyak sayuran dan buah-buahan. Pilih menu makanan sehat dengan beragam jenis sayur dan buah karena nutrisi dari makanan serta vitamin yang ada di dalamnya sangat penting bagi tubuh. Jangan mengkonsumsi terlalu banyak vitamin dalam bentuk pil. Sekarang ini banyak orang mengkonsumi pil vitamin secara berlebihan karena dianggapnya lebih baik konsumsi secara instan daripada mendapatkannya dari bahan segar.
Cara pencegahan kanker paru lainnya adalah dengan tidak mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Alkohol kurang cocok dikonsumsi di negara kita karena iklim yang panas. Selain itu, olahraga akan membuat fungsi tubuh berjalan lebih baik dan tubuh menjadi lebih bugar. Bila fungsi tubuh berjalan baik maka semua system bisa menghalau serangan penyakit yang datang dibantu dengan asupan nutrisi yang baik.
Tubuh sehat juga berasal dari gaya hidup yang kita terapkan. Jadi, pilih gaya hidup yang membuat tubuh lebih sehat, aman, nyaman dan segar setiap saat. Ya, sedikit cara ini bisa mengurangi risiko Anda terkena penyakit kanker.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates