Rabu, 06 November 2013

Pentingnya Memahami Kebutuhan Emosional Anak Usia 5 – 12 Tahun

Anak dengan usia 5 – 12 tahun adalah usia dimana anak biasanya sudah mulai belajar sekolah. Anak akan bertemu dengan berbagai macam orang di tempat dia belajar. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus tahu pentingnya memahami kebutuhan emosional anak usia 5 – 12 tahun.
Memahami kebutuhan emosional seorang anak adalah sangat penting sekali. Di masa awal ini yakni usia 5 – 12 tahun merupakan usiapenanam karakter dan pendidikan yang sangat bermanfaat bagi anak kelak. Di usia ini, sangatlah menentukan apa yang akan terjadi kepada anak tersebut di masa yang akan datang.
Apakah anak akan berkembang menjadi seseorang yang penuh dengan kepercayaan diri sehingga mampu menciptakan berbagai kreatifitas ataukah ia akan berkembang menjadi seorang yang pendiam. Di masa ini, semua hal tersebut akan ditentukan.
Jika saat ini kita belum tahu pentingnya memahami kebutuhan emosional anak usia 5 – 12 tahun, maka sudah seharusnya untuk segera memahaminya. Jika kita tidak bisa memahaminya maka anak akan berkembang menjadi anak yang bermasalah.
Secara sederhana maka kebutuhan emosional anak terdiri dari tiga hal yakni kebutuhan rasa aman, mengontrol sendiri, dan diakui. Ketiga hal inilah yang biasanya menjadi dasar dalam pemenuhan kebutuhan emosional seorang anak.
Sebagai orang tua, kita harus bisa menciptakan rasa aman kepada anak dimanapun di berada. Tanpa adanya rasa aman maka perkembangan anak akan menjadi terganggu karenya. Anak akan berkembang menjadi seorang yang kurang percaya diri dan penakut.
Kebutuhan mengontrol sendiri adalah merupakan kebutuhan dari seorang anak yang ingin bertindak berdasarkan keinginannya sendiri. Hal ini bisa dilihat ketika seorang anak lebih memilih apa yang disukai daripada perintah yang telah diberikan oleh orang tuanya.
Agar tidak menjadi perilaku yang menyimpang maka kita harus pandai untuk memberikan pengarahan kepada anak dengan penjelasan yang baik. Dan yang terakhir adalah kebutuhan untuk diakui.
Seorang anak sangatlah membutuhkan pengakuan dari kedua orang tuanya dalam berbagai hal. Jika anak lebih sering mencari perhatian maka hal tersebut bisa jadi bahwa anak tersebut kurang mendapatkan pengakuan dari orang tuanya.
Sebagai orang tua harus mengetahui pentingnya memahami kebutuhan emosional anak usia 5 – 12 tahun. Dengan demikian, anak akan mampu berkembang dengan baik dan memiliki kepribadian yang baik pula.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates