Selasa, 12 November 2013

Tips Rambut Sehat Meski Berhijab

Berhijab terkadang membuat wanita malas merawat rambut. Padahal sebenarnya rambut yang terus tertutup oleh hijab justru membutuhkan perawatan khusus.

Ditambah lagi iklim Indonesia yang cenderung panas setiap tahunnya. Hal ini menyebabkan rambut yang tertutup hijab mudah kering, patah, rontok, gatal, dan kusam. Tak jarang rambut juga menjadi berminyak dan bau.

"Wanita yang memakai hijab sebaiknya tak meremehkan perawatan rambut mereka hanya karena rambut mereka tak terlihat. Rambut yang bersih dan sehat bisa membuat wanita lebih percaya diri," kata Suzanne Santos, juru bicara Aesop, perusahaan perawatan rambut.

"Wanita berhijab harus merawat rambut mereka seperti mereka merawat kulit," tambahnya, seperti dilansir oleh New Straits Times

Aesop memberikan beberapa tips merawat rambut bagi wanita berhijab, berikut ini:

1. Biarkan rambut bernafas. Gunakan kesempatan membuka rambut ketika memungkinkan sesering mungkin.

2. Sisir rambut dengan halus dan hati-hati untuk mencegah rambut patah-patah dan bercabang.

3. Keramas setiap dua atau tiga hari sekali, dan keringkan rambut secara alami. Ini akan mengurangi kemungkinan hilangnya nutrisi penting pada rambut dan tekanan yang berlebihan pada akar rambut.

4. Gunakan kondisioner yang sesuai dengan rambut. Biarkan hingga lima menit sebelum mencucinya. Kondisioner bisa membantu menjaga kelembaban dan kelembutan rambut.

5. Gunakan masker rambut sekali seminggu untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan bersinar.

6. Jangan biarkan rambut 'terpanggang' dan terlalu panas karena matahari dengan menggunakan hijab yang bertumpuk-tumpuk. Jangan pula mengikat rambut terlalu ketat saat mengenakan hijab. Kedua hal ini bisa membuat rambut mudah rontok.

7. Banyak-banyaklah minum air untuk menjaga kelembaban rambut.

8. Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi penting bagi rambut, seperti salmon (omega-3 penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala), susu, keju, yogurt, telur, sayuran hijau, almond, kismis, gandum utuh, dan buah-buahan.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates