Selasa, 12 November 2013

Ajari Anak Berjilbab Sejak Dini


Mengajarkan anak hal yang baik ketika masih kecil akan menjadi kebiasaan ketika mereka beranjak dewasa. Begitu juga dengan mengajarkan agama, salah satunya untuk menutup aurat bagi anak perempuan. Ketika Anda mulai ajari anak berjilbab sejak dini, hal ini akan menjadi kebiasaannya ketika beranjak dewasa nantinya. 

Anak pada umumnya sering bergerak mudah gerah, sehingga kadang agak sulit untuk dibiasakan memakai jilbab.Namun Anda bisa menggunakan cara yang menyenangkan untuk membiasakan si kecil berjilbab. Bagaimana cara  ajari anak berjilbab sejak dini, ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Usia Menggunakan Jilbab




Kenalkan anak Anda pada jilbab sedini mungkin. Lakukan dengan bertahap mulai balita. Misalnya menggunakan pakaian yang panjang, menggunakan kerudung, kemudian mulai menggunakan jilbab.Saat ini sudah banyak model jilbab untuk anak kecil yang cantik.

2. Memilih Bahan Pakaian


Pilihlah bahan yang menyerap keringat seperti bahan kaos atau katun dan memudahkan anak untuk bergerak aktif. Sehingga anak Anda tidak akan kepanasan menggunakan jilbab maupun busana muslim mereka.

3. Model Pakaian

Anak-anak tidak suka ribet. Pilih model pakaian yang sederhana. Misalnya dengan jilbab instan dan baju terusan panjang atau busana muslim dua potong. Pilih dengan warna favorit anak, bagus juga bila Anda bisa memilih baju muslim dengan pola yang disukai anak-anak Anda.

4. Keluar Rumah Berjilbab

Pastikan anak Anda keluar rumah selalu dalam keadaan berjilbab. Berikan arahan mengenai pakaian yang digunakan di dalam dan di luar rumah.

5. Pujian

Berikan pujian saat anak menggunakan jilbab. Bukan sekedar karena pakaiannya bagus, namun juga dukunglah secara positif secara psikologis. Misalnya, “Pinter dan cantik deh anak Bunda setelah memakai jilbab.”

6. Pengarahan Seiring Usia

Jangan lupa bahwa anak kita akan beranjak dewasa dan semakin lama mereka akan semakin kritis melihat teman-teman sekitarnya. Ajak anak mengetahui lebih dalam tentang kewajiban berjilbab bagi muslimah sesuai dengan usianya. Misalnya saat masuk SD, terangkan mengapa dia memakai jilbab. Kemudian berikan arahan yang lebih mendalam ketika dia mulai menginjak usia remaja atau usia baligh.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates