Rabu, 06 November 2013

Memahami Perkembangan Dan Masalah Emosi Pada Anak Usia 5- 12 Tahun

Memahami perkembangan dan masalah emosipada anak usia 5 -1 12 tahun adalah tugas dan tanggung jawab orang tua. Akan sangat keliru sekali jika orang tua yang merupakan orang terdekat bagi anak tetapi tidak bisa memahamianak.
Dengan memahami perkembangan dan masalah emosi yang terjadi pada anak maka kita akan tahu anak tersebut bermasalah atau tidak. Jika terbukti bermasalah maka akan segera dicarikan jalan keluar.
Dengan memahami perkembangan dan masalah emosi yang terjadi pada anak maka kita bisa memilih pola didik yang baik bagi anak. Anak di usia ini memiliki kebutuhan emosional yang terkadang diabaikan oleh para orang tua.
Kesibukkan dalam mencari nafkah atau hal yang lainnya terkadang membuat orang tua lupa bahwa ada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Dalam pemikiran orang tua hanyalah melihat dari segi yang bisa diindra saja.
Misalnya masalah makanan, pakaian, dan kebutuhan lainnya yang bisa diindera oleh kita. Padahal anak juga memiliki kebutuhan emosional yang harus dipenuhi oleh para orang tua. Jika kebutuhan ini kita penuhi dengan baik maka anak akan berkembang dengan baik pula.
Memahami perkembangan dan masalah emosi pada anak usia 5- 12 tahun sebenarnya bukan sebuah hal yang sulit. Ada tiga poin yang bisa kita perhatikan dalam pemenuhan kebutuhan emosional yang dibutuhkan oleh seorang anak.
Ketiga kebutuhan emosional tersebut adalah kebutuhan merasa aman, kebutuhan untuk mengontrol diri sendiri, dan kebutuhan untuk diakui. Ketiga kebutuhan emosional inilah yang harusnya kita perhatikan agar tidak terjadi masalah emosi pada anak.
Kebutuhan merasa aman adalah sebuah kebutuhan dimana seorang anak ingin merasa selalu aman baik di rumah maupun di luar rumah. Jika hal ini bisa kita berikan secara baik maka akan mampu membuat anak tumbuh dengan baik.
Kebutuhan untuk diakui adalah sebuah kebutuhan yang ingin keberadaannya diakui oleh orang tua. Jika tidak dipenuhi maka anak akan cenderung selalu mencari perhatian dengan berbagai cara termasuk dengan membuat perilaku nakal.
Sedangkan kebutuhan mengontrol diri sendiri adalah kebutuhan untuk bertindak sesuai dengan keinginan sendiri. Selaku orang tua harus bisa mengendalikan dan memberikan pengarahan yang baik kepada anak.
Jadi sangatlah perlu memahami perkembangan dan masalah emosi pada anak usia 5- 12 tahun sehingga anak akan mampu memiliki kepribadian yang baik. Jangan pernah kita sepelekan hal ini karena akan berimbas pada anak kelak.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates