Rabu, 06 November 2013

Mengembangkan Potensi Anak Usia 5-12 Tahun

Anak dengan usia 5-12 tahun adalah anak yang telah memiliki kemampuan sempurna baik secara fisik maupun mental. Sedikit banyak mereka mulai mengerti tentang segala sesuatu yang terjadi disekitar mereka. Oleh sebab itu bagi sebagian orangtua yang ingin menggali dan mengembangkan potensi yang ada pada anak, ada baiknya dimulai sejak usia tersebut. Pada usia tersebut, bakat ataupun potensi yang dimiliki anak akan dengan mudah dikembangkan jika orangtua dan anak mampu saling bekerjasama. Ingin mengembangkan potensi anak usia 5-12 tahun yang ada dalam keluarga anda? Silahkan simak beberapa hal dibawah ini.
  1. Perhatikan baik-baik setiap detil kebiasaan, minat, kesukaan maupun hobi anak anda. Jika anda sudah mengerti dan tahu, cobalah untuk ikut bergabung didalamnya.
  2. Kebersamaan yang terjalin antara anak dan orangtua akan membuat anak menjadi terbuka, sehingga saat tersebutlah yang tepat bagi orangtua untuk memberi arahan yang baik tentang minat dan hobi mereka.
  3. Beri ruang, waktu dan fasilitas untuk mereka menyalurkan apa yang menjadi keinginan mereka, biarkan berjalan apa adanya sesuai keadaan sambil lalu tetap memantau perkembangannya.
  4. Jangan menargetkan apapun atas potensi yang mereka miliki, sehingga mereka tidak merasa terbeban atas apa yang telah dicapai.
  5.  Tetap memberikan semangat atau support penuh atas setiap pencapaian dari potensi anak.
Mengembangkan potensi anak usia 5-12 tahun memerlukan kesabaran cukup, terlebih ketika tahu bahwa potensi yang mereka miliki akan memberikan harapan yang baik bagi masa depan mereka. Membimbing, mengarahkan dan mengembangkan potensi anak bisa dikatakan mudah juga susah. Pasalnya semua hal tergantung pada keduanya. Banyak orangtua yang menemukan kendala pada saat berjalannya proses pengembangan. Biasanya permasalahan akan timbul ketika pengembangan potensi mulai terorientasi pada hal bersifat materi semata.
Mengembangkan potensi anak usia 5-12 tahun sangat penting dilakukan bagi setiap orangtua, selain sebagai pembekalan di masa depan juga sebagai sarana anak untuk mengekspresikan keinginan dan minat mereka. Orangtua wajib mendukung dan memberi jalan bagi mereka sehingga mereka tumbuh dan berkembang dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates