Senin, 04 November 2013

Saat Tepat Pemberian Obat Tablet Kunyah Pada Anak


Mengobati anak merupakan hal yang paling menyulitkan bagi para orangtua atau penjaga anak, terutama bila obat-obatan tersebut mempunyai rasa yang pahit. Memberikan obat dalam bentuk sirup juga bukan hal yang mudah bagi sebagian orang, meskipun beberapa di antaranya sudah diperkaya dengan aroma dan rasa manis. Beberapa anak cenderung menolak meminum obat saat melihat sendok obat yang ditujukan kepadanya. Akhirnya muncul inovasi di kalangan medis berupa obat tablet yang dapat dikunyah atau lebih dikenal dengan obat tablet kunyah bagi anak-anak. Tablet kunyah ini umumnya lebih disukai oleh anak-anak karena kebanyakan mempunyai rasa seperti permen.

Saat Tepat Pengenalan Tablet Kunyah

Kapankah saat yang tepat bagi orangtua untuk memberikan obat tablet kunyah pada anak? Jawabannya adalah tergantung pada kesiapan masing-masing anak. Pada umumnya anak usia 2 tahun sudah mulai bisa mengunyah makanan, termasuk tablet. Namun hal ini tidak dapat dijadikan patokan utama mengingat pertumbuhan gigi-geligi anak dan kemampuan untuk mengunyah makanan tidak sama. Bahkan ada beberapa anak yang baru dapat mengunyah makanannya dengan baik pada usia 3 – 4 tahun. Bila anak belum terbiasa mengkonsumsi makanan padat, sebaiknya tahan untuk tidak memberikan obat tablet kunyah pada anak tersebut. Tablet kunyah yang tidak terkunyah dengan baik justru dapat menjadi penyebab anak tersedak atau bahkan muntah.
Bila anak Anda mendapatkan obat tablet kunyah dari dokter yang menanganinya, informasikan kepada dokternya bahwa anak Anda belum terbiasa dengan obat tablet kunyah. Mintakan obat tablet kunyah yang mudah larut saat tercampur dengan air liur anak di dalam mulutnya. Bila Anda masih belum yakin dengan kemampuan anak untuk mengunyah dengan baik, tablet kunyah tersebut masih tetap dapat diberikan dengan cara dihancurkan dan dicampurkan ke dalam makanan atau minuman kesukaan anak. Pastikan Anda memberikan dosis yang tepat sesuai dengan petunjuk dari dokter. Tanyakan pula kepada dokternya terkait dengan tindakan mencampur obat tablet kunyah ke dalam makanan atau minuman ini. Adakah jenis makanan atau minuman yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan dengan obat tablet kunyah tersebut atau aman untuk semua jenis makanan dan minuman. Beberapa jenis obat dapat berkurang atau bahkan hilang khasiatnya bila bercampur dengan jenis makanan dan minuman tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates