Senin, 04 November 2013

Pertolongan Pertama Saat Anak Pingsan


Orang tua akan sangat panik saat menemukan anak dalam keadaan pingsan/tidak sadarkan diri. Sebagai orang tua atau siapapun saat menemukan hal seperti ini tidak perlu panik, yang harus dilakukan pertama adalah menolongnya untuk segera sadar  dan terbangun. Orang tua bisa melakukan pertolongan pertama dengan cara CPR (cardiopulmonary resuscitation).Tubuh anak-anak  tidaklah sama dengan tubuh orang dewasa, karena anak –anak tulangnya masih sangat rentan dan diperlukan cara khusus untuk bisa membantunya bernapas kembali atau sadar tanpa mencederainya.
Saat melakukan pertolongan CPR untuk anak pingsan/tidak sadarkan diri tidak harus dengan dua tangan namun cukup dengan 2 jari saja, yaitu bisa jari telunjuk dan tengah, jari tengah dan jari manis atau jempol saja,” ujar EMT Anwar Buchari, Manager Operation dari Medic One.
Lima tahap pertolongan pertama saat anak pingsan:
  • Letakan anak di tempat yang datar dan bukan di tempatkan di kasur. Perhatikan lingkungan sekitar dari bahaya.
  • Mencari tau apakah anak masih sadar atau tidak dengan cara usap atau gelitik bagian telapak kaki, apabila ada respon dari anak berarti anak masih dalam keadaan sadar.
  • Bantu untuk membuka jalur pernapasan saat anak tidak sadarkan diri, dengan cara tarik sedikit bagian dahi anak ke belakang dan tidak harus menarik dagunya.
  •  Berikan nafas buatan pada anak, caranya berikan tiupan dan tidak harus menutup hidung anak. orang tua cukup menutup mulut dan hidungnya sekaligus  dengan mulut anak.
  • Berikan tekanan, gunakan dua jari dan letakkan pada posisi satu jari di bawah garis putting. Lakukan tekanan sebanyak 30 kali selama 2 menit, cukup satu pertiga dari kedalaman dada, lakukan berulang selama lima set.
Apabila keadaan anak sudah bernafas normal maka posisikan anak dalam keadaan miring di tempat yang datar. Namun demikian meskipun anak telah kembali normal dengan bantuan CPR sebaiknya orang tua tetap melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter untuk mengetahui penyebab anak pingsanguna menemukan penanganan yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates