Senin, 04 November 2013

Cara Mengatasi Keluhan Saat Anak Tumbuh Gigi


Proses tumbuh gigi biasanya dimulai ketika anak berusia tiga bulan dan dapat berlanjut sampai dia sudah berusia tiga tahun. Gigi pertama yang biasanya akan keluar adalah dua gigi depan bawah atau disebut gigi seri sentral yang akan terjadi antara yang pertama empat sampai tujuh bulan. Setelah sekitar empat sampai 8 minggu, empat gigi depan atas akan mengikuti maka rendah gigi seri lateral. Geraham akan muncul di kemudian hari, dan sebagian besar anak-anak akan memiliki sekitar 20 gigi pada saat merekaberumur 3 tahun.
Proses tumbuh gigi mungkin terdengar sederhana tetapi sebenarnya tidak . Untuk anak-anak lain, mereka mungkin tidak mengalami terlalu banyak ketidaknyamana, tetapi untukanak lainnya mereka akan mengalami rasa sakit dan gelisah. Gejala tumbuh gigi yang paling umumterjadi adalah meningkatnya air liur dan gelisah karena ketidaknyamanan pada gusi. Anak juga akan menolak untuk makan karena gusi yang sakit di daerah di mana gigi akan berkembang. Anak lebih rewelsenang memasukan tangannya kedalam mulut. Ada dapat ruam ringan di sekitar mulut karena air liur yang menyebabkan iritasi kulit. Sementara gejala tumbuh gigi menyebabkan anak Anda tidak nyaman, Anda harus pergi ke dokter jika bayi menjadi sangat mudah marah dan jika ada gejala lain berkembang seperti demam, ruam di seluruh tubuh atau rewel berkepanjangan. Ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor lain dan bukan tumbuh gigi itu sendiri.
Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan anak Anda ketika ia menunjukkan gejala tumbuh gigi? Karena ada peningkatan air liur, Anda harus membersihkan wajah anak Anda dengan kain sesering mungkin untuk tetap kering sehingga mencegah ruam merah di sekitar mulut anak Anda. Untukmengurangi ketidaknyamanan dianjurkan Anda secara lembut menggosok gusi anak dengan jari bersih. Anda juga dapat memberikan anak sesuatu untuk mengunyah tapi pastikan bahwa ini cukup besar sehingga ia tidak akan menelannya. Anda dapat menempatkan kain basah di freezer selama sekitar 30 menit dan kemudian memberikan pada anak Anda untuk mengunyahnya. Ini tidak hanya akan meringankan ketidaknyamanan, tetapi juga akan membantu dalam mengurangi peradangan. Anda harus diingat bahwa meskipun segala sesuatu yang menempatkan bayi di mulutnya bersih untuk menghindari masalah lebih lanjut.
Ketika metode di atas tidak meringankan gejala tumbuh gigi, Anda dapat meminta dokter Anda tentang obat-obatan yang dapat Anda berikan kepada anak. Ada analgesik ringan yang dapat diberikan kepada bayi saattumbuh gigi, dan ini pasti akan membantu dalam mengurangi tanda-tanda dan gejala yang berbeda. Anda harus tetap dengan dosis yang diresepkan oleh dokter agar tidak menimbulkan underdose atau overdosis obat.
Bila bayi Anda menunjukkan gejala tumbuh gigi, sudah pasti tidak nyaman baginya sehingga Anda harus menemukan cara mengenai bagaimana Anda dapat membantumeringankan rasa tidak nyaman pada anak saat tumbuh gigi. Untuk penanganan pertama Anda bisa gunakan cara tradisional dengan bahan yang bisa Anda temukan di rumah.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates