Senin, 04 November 2013

Mengenali manfaat madu untuk si kecil


Madu merupakan cairan kental dan manis yang berasal dari tumbuhan (bunga dan tumbuhan lain) yang di hasilkan oleh lebah. Madu hampir tidak memiliki efek samping jika di konsumsi oleh orang dewasa ataupun anak-anak. Pada anak, madu baik di konsumsi karena mengandung karbohidrat yang terdiri dari gkukosa dan fruktosa yang mudah untuk di serap tubuh dan di cerna menjadi energi, madu juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium yang sangat penting untuk pertumbuhan anak, selain itu madu juga mengandung kadar  antioksidan yang tinggi.
Madu baru boleh di konsumsi anak usia di atas 1 tahun karena dapat berfungsi sebagai makanan tambahan, adapun manfaat madu untuk si kecil yaitu:
  1. Meningkatkan nafsu makan anak. Pemberian madu secara teratur pada anak dapat menjaga nafsu makannya karena madu mengandung banyak sekali vitamin yang di butuhkan anak seperti vitamin A, B1,B5,B6,D dan E yang dapat di serap tubuh dengan mudah dan di rubah menjadi energi, hal ini baik untuk anak karena anak-anak menyukai aktivitas bermain yang membuat mereka banyak bergerak.
  2. Meningkatkan kecerdasan anak.  Kandungan fruktosa pada madu akan memberikan energi cadangan dan bekerja saat anak-anak tidur sehingga dapat memicu perkembangan otak.
  3. Membantu dalam pertumbuhan anak. Di dalam madu terdapat kandungan tembaga dan zat besi yang yang lebih banyak di bandingkan yang terkandung pada susu sapi sehingga akan sangat membantu dalam proses pembentukan sel darah merah dan hemoglobin.
  4. Sebagai Antibiotik alami. Madu juga terbukti dapat berfungsi sebagai antibiotik alami yang sanggup mengalahkan bakteri yang mematikan karena madu memiliki sifat yang sangat asam sehingga bakteri tidak dapat berkembangbiak.
Dengan kandungan madu yang kaya akan vitamin seperti flukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kaliom, sulfur dan besi sehingga madu sangat di anjurkan untuk di berikan kepada anak-anak secara rutin, pemberian madu sebaiknya di berikan kepada anak berusia di atas 1 tahun karena usia sebelum 1 tahun anak sangat di anjurkan untuk mengonsumi ASI secara eklusif. Selain mudah di serap madu juga bisa meningkatkan daya imun anak di dalam tubuh, jadi dengan memberikan madu secara rutin kepada anak sama artinya dengan kita telah memberikan vitamin yang alami pada anak untuk kekebalan tubuhnya, meminum madu sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur anak sehingga membantu pertumbuhan anak lebi optimal.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates