Senin, 04 November 2013

Kegiatan Yang Tidak Disukai Bayi Baru Lahir dan Penanganannya


Memang perlu sesekali mengajak bayi yang baru lahir menikmati suasana diluar rumah agar tidak menimbulkan kejenuhan orangtua. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kejenuhan dan kebosanan bisa saja melanda orangtua, terutama ibu ketika harus menjaga dan merawat bayi yang baru saja dilahirkan. Untuk mengobati rasa jenuh dan bosan ini, biasanya orangtua merasa perlu untuk berjalan-jalan keluar rumah menikmati suasana menyenangkan. Namun demikian, tidak mudah melakukannya karena bayi bisa saja tiba-tiba rewel karena merasa kurang nyaman, sehingga diperlukan strategi khusus menyiasatinya.

Jenis dan Macam

Berikut beberapa jenis dan macam kegiatan yang tidak disukai bayi baru lahir dan penanganannya agar orangtua tidak merasa jenuh di rumah, sebagaimana diolah dari beragai sumber, yaitu:
  • Mengunjungi teman atau kerabat. Menurut berbagai sumber, dikatakan bahwa bayiyang baru lahir sangat sensitif terhadap sentuhan, bau dan suara, terutama yang berhubungan dengan ibunya. Sehingga ketika mengunjungi teman, kerabat atau saudara dan mereka hendak berusaha untuk menggendong, bayi akan kehilangan rasa kenyamanannya. Hilangnya rasa nyaman bayi dibuktikan dengan tangisannya. Oleh karenanya, usahakan agar teman, saudara atau kerabat saja yang mengunjungi bayiatau usahakan memakai kereta bayi untuk menghindari kelelahan menggendong.
  • Batasi gerakan. Beberapa orangtua cenderung senang membedong bayi dengan erat agar bayi senantiasa hangat dan tungkai kakinya tidak bengkok. Menurut salah seorang pakar kesehatan bayi, dikatakan bahwa tindakan membedong bayi justru membuat bayimenjadi lebih gerah dan membatasi kemampuan gerakannya, sehingga beberapa bayijustru menangis akibat bedong yang terlalu erat. Gunakan bedong seperlunya saja agarbayi tetap merasa nyaman.
  • Suara bising. Hampir sebagian besar bayi yang baru terlahir tidak menyenangi suara yang bising seperti konser musik atau pertunjukan bioskop. Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa suara yang terlalu bising akan mengganggu waktu tidur atau istirahat bayi, belum lagi reaksi kaget akibat suara keras yang tiba-tiba. Memberikan penutupkepala bayi yang dilengkapi dengan penutup telinga bisa dijadikan pertimbangan ketika mengajak bayi menonton bioskop atau konser musik.
Demikianlah beberapa jenis dan macam kegiatan yang tidak disukai bayi baru lahir dan penanganannya yang bisa dijadikan pertimbangan orangtua ketika hendak mengajak bayi menikmati suasana luar rumah.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates