Senin, 04 November 2013

Menangani Alergi Kulit Bayi dari Kosmetika Bayi


Menurut berbagai sumber, dikatakan bahwaalergi merupakan suatu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kegagalan atau ketidaksempurnaan sistem immun tubuh dalam menghadapi satu atau beberapa jenis bahan pencetus alergi yang menyebabkan terjadinya hipersensitifitas terhadap material tertentu. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa reaksi alergi bisa saja terjadi melalui kontak fisik dengan bahan allergen ataupun secara oral. Demikian juga halnya bagi kulit bayi yang masih sensitif, sehingga salah satu jenis allergen atau pencetus alergi kulit pada bayi adalah pemakaian kosmetika bayi tertentu yang mungkin saja tidak menimbulkan reaksi alergi bagi bayi yang lain.

Kiat dan Tips

Berikut beberapa kiat dan tips menangani alergi kulit bayi dari kosmetika bayi sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
  • Test. Lakukan test kulit secara seksama, apakah bayi memang alergi atau sekedar iritasi. Reaksi alergi kulit ditandai dengan munculnya ruam kemerahan yang diikuti dengan timbulnya bintik-bintik secara merata dan ukuran bintik bisa saja besar. Apabila ini tidak terjadi, maka bukan reaksi alergi yang didapat bayi, namun hanya sekedar iritasi kulit saja.
  • Ganti. Segera ganti produk perawatan kosmetika bayi, seperti minyak telon, sabun, sampo atau bahkan bedak apabila ternyata produk kosmetika bayi tersebut menimbulkan reaksi ruam kemerahan yang disertai dengan timbulnya bintik, melepuh atau bahkan terdapat lendir pada permukaan kulit yang meradang.
  • Bedak dan salep khusus. Penggunaan bedak dan salep topikal khusus bisa saja dilakukan asalkan berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli medis anak. Akan lebih baik apabila tidak asal memberikan bedak atau salep topikal, karena bisa saja dapat menyebabkan reaksi alergi kulit pada bayi menjadi lebih parah.
Demikianlah beberapa kiat dan tips menangani alergi kulit bayi dari kosmetika bayi yang bisa dijadikan pertimbangan orangtua. Satu hal penting yang sebaiknya selalu diingat adalah berikan bayi hanya mengkonsumsi ASI saja yang sudah mengandung obat antialergi atau perkuatan sistem immun tubuh bayi yang berasal dari ibu.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates