Senin, 04 November 2013

Cara Mendiagnosa dan Mengobati Kanker Tulang pada Anak


Penyakit kanker tulang atau juga disebut dengan penyakit osteosarkoma adalah salah satu jenis penykit yang cukup mematikan.Penanganan yang kurang serius dan terlambat bisa menyebabkan terjadinya kematian pada penderitanya. Oleh karena itu, kita harus tahu cara mendiagnosa dan mengobati kanker tulang pada anak.
Sebagai orang tua kita harus jeli pada setiap bagian tubuh anak kita. Penyakit kanker tulang atau osteosarkoma merupakan jenis penyakit kanker yang banyak menyerang pada remaja atau anak-anak. Penyakit kanker tulang ini juga mampu menyerang balita yang masih kecil.
Mengetahui kondisi anak sama dengan peduli pada anak. Akan sangat disayangkan sekali jika kita sebagai orang tua tetapi tidak terlalu mengenali setiap perubahan yang terjadi pada anak. Hal tersebut sama saja dengan tidak peduli dengan tumbuh kembang anak. Lalu apa gunanya kita kerja seharian untuk anak jika kita sendiri lalai dengan anak hanya karena terlalu sibuk bekerja?
Cara mendiagnosa dan mengobati kanker tulang pada anak tidaklah mudah. Kita harus benar-benar memperhatikan kondisi fisik pada anak. Biasanya seorang anak yang terserang penyakit kanker tulang ini akan muncul benjolanpada bagian lutut atau pada bagian lengan sebelah pundak.
Jika terjadi pada lutut maka akan dengan mudah untuk terlihat ketika anak menggunakan celana pendek. Namun akan sulit terlihat jika terjadi di pundak. Apalagi anak memiliki sifat yang tertutup dan kurang terbuka kepada orang tua.Selain itu, penyakit ini akan menyerang pada malam hari sehingga akan timbul rasa nyeri yang cukup mengganggu di malam hari.
Jika sudah melihat kedua tanda tersebut maka segera bawa ke rumah sakit untuk memperoleh hasil yang jelas. Anak akan menjalani pemeriksaan dengan x-ray, scan MRI, scan CT dan tes darah untuk melihat penyakit yang menghinggapinya tersebut.
Jika ternyata terbukti positif mengidap penyakit kanker tulang maka langkah pengobatannya adalah dengan jalan operasi dan melakukan kemoterapi. Yang tidak kalah penting adalah pendeteksian sedari dini sehingga penyakit kanker tidak menyebar ke organ yang lainnya.
Tidak lupa pula untuk selalu memberikan dukungan dan arahan yang positif kepada anak. Demikianlah cara mendiagnosa dan mengobati kanker tulang pada anak.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates