Senin, 04 November 2013

Cara Alami Mengatasi Kerak Kepala Bayi


Kerak pada kepala bayi biasa terjadi ketika bayibaru saja dilahirkan. Kerak pada kulit kepala bayi ini bisa saja disebabkan oleh bekas cairan ketuban, lemak atau bahkan sisa hormon ibu ketika masih dalam kandungan. Menurut berbagai sumber, sebaiknya kerak pada kulitkepala bayi ini dibersihkan dengan alasan kesehatan karena dapat menimbulkan gangguan jangka panjang pada kulit kepala dan rambut seperti ketombe, infeksi dan iritasi atau bahkan gangguan kesuburan rambut. Namun demikian, tidak gampang membersihkan kerak pada kulit kepala bayi ketika rambut lahirnya masih utuh.

Kiat dan Tips

Berikut beberapa kiat dan tips cara alami mengatasi kerak kepala bayi sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
  1. Pangkas rambut. Walaupun mungkin menyebabkan penampilan bayi menjadi kurang menarik, langkah pemangkasan rambut pada bayi selain mempermudah pembersihan kerak kepala pada bayi, juga bermanfaat agar kulit kepala bayi tidak terlalu lembab akibat keluarnya keringat. Keringat yang berlebihan pada kulit kepala akan menyebabkan kerak kepala menjadi lebih tebal. Jangan khawatir penampilan bayi menjadi kurang menarik karena seiring waktu rambut bayi akan tumbuh lebih lebat.
  2. Baby oil atau zaitun. Oleskan baby oil atau minyak zaitun secara merata pada seluruh permukaan kulit kepala bayi menggunakan kapas lembut sambil diberikan pemijatan seperlunya. Pengolesan baby oil atau minyakzaitun bertujuan agar kerak kepala menjadi lebih lunak sehingga mudah dibersihkan. Tunggu selama 10-15 menit, kemudian bersihkan kembali bekas baby oil atau minyak zaitun yang melekat menggunakan kapas lembut atau waslap yang dicelupkan pada air hangat. Secara tidak langsung kerak kepala juga akan terangkat.
  3. Hindari. Hindari melakukan pengelupasan kerak kepala membandel menggunakankuku jari atau penggosokan yang kasar menggunakan kain Washlap. Selain rawan menyebabkan iritasi atau infeksi, tangis bayi bisa saja terjadi akibat bayi merasa kurang nyaman. Lakukan kembali proses yang sama keesokan harinya untuk kerak membandel hingga kerak kepala bayi terangkat seluruhnya.
Demikianlah beberapa kiat dan tips cara alami mengatasi kerak kepala bayi yang efektif. Jaga selalu kebersihan kulit kepala bayi dengan menggunakan shampo bayi ketika memandikan bayi, serta hindari penggunaan bedak pada kulit kepala bayi agar tidak memicu kembali kerak pada kulit kepala.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates