Senin, 04 November 2013

Dosis Penggunaan Obat Mengandung Ibuprofen


Dipasaran banyak beredar obat-obatan untuk pereda deman dan nyeri pada anak-anak, ada yang menngandung ibuprofen, ada pula yang mengandung acetaminopen. Penggunaan ibuprofen pada anak-anak biasanya untuk mengatasi demam, nyeri, maupun rematik pada anak. Meskipun demikian ibuprofen dapat digunakan untuk meredakan nyeri dan demam pada bayi, namun catatan penting untuk diketahui bahwa pemberian ibuprofen pada bayi di bawah usia 6 bulan adalah sangat tidak dianjurkan.

Berikut adalah aturan umum dosis penggunaan ibuprofen yang dianjurkan:

  • Dosis ibuprofen untuk mengatasi demam pada anak usia 6 bulan – 12 tahun – Bila demam anak kurang dari 39,2°C, dosis ibuprofen untuk satu kali pemberian adalah 5 mg/kg dengan jarak 6-8 jam ke pemberian berikutnya. Dosis ini dapat ditingkatkan menjadi 10 mg/kg setiap 6-8 jam sekali bila demam anak lebih dari 39,2°C. Dosis maksimum yang diperbolehkan adalah total 40 mg/kg dalam rentang waktu 24 jam.
  • Dosis ibuprofen untuk mengatasi nyeri pada anak usia 6 bulan – 12 tahun –Pemberian ibuprofen yang dianjurkan adalah 4-10 mg/kg setiap 6-8 jam sekali sesuai dengan kebutuhan. Total pemberian ibuprofen tidak boleh melebihi 40 mg/kg dalam rentang waktu 24 jam.
  • Dosis ibuprofen untuk mengatasi rematik pada anak usia 6 bulan – 12 tahun – Dosis umum yang dianjurkan adalah 30-40 mg/kg/24 jam yang terbagi dalam 3-4 dosis, dimulai dari pemberian dosis terendah. Dosis maksimum yang diperbolehkan adalah 2,4 g/hari.
Penghitungan dosis yang tepat adalah berdasarkan pada berat badan daripada berdasarkan usia. Selain itu selalu gunakan sendok takar atau pipet yang disertakan di dalam dus obat, hindari menggunakan sendok teh atau sendok makan biasa untuk menghindari terjadinya overdosis.

Hal-hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam penggunaan obat yang mengandung ibuprofen adalah sebagai berikut:

  • Jangan diberikan pada penderita gangguan fungsi hati, dehidrasi, atau retensi cairan.
  • Jangan diberikan pada anak yang sedang mengkonsumsi obat-obatan lain, kecuali atas petunjuk dokter.
  • Hentikan pengobatan bila demam tidak turun sama sekali dalam 24 jam, kondisi kesehatan anak tidak membaik setelah 3 harI pengobatan, muncul ruam kemerahan di area yang sakit, atau muncul gejala penyakit baru lainnya. Segera konsultasikan pada dokter.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates