Minggu, 03 November 2013

Jenis-jenis Kanker Tulang

Kanker tulang termasuk salah satu jenis kanker yang banyak dijumpai di Indonesia. Istilah kanker tulang mungkin terdengar asing, karena memang belum banyak informasi yang mengulas tuntas tentang penyakit yang satu ini. Hal itu tentu berbeda dengan kanker payudara dan kanker leher rahim yang cukup ramai diperbincangkan.Kanker tulang termasuk salah satu penyakit yang cukup berbahaya, karena gejalanya hampir mirip dengan rheumatik sehingga pasien seringkali mengabaikannya dan datang ke rumah sakit pada saat kanker memasuki stadium lanjut.  Nah, agar tidak terjadi kesalahan, maka dalam artikel ini kita akan membahas tentang gejala kanker tulang, jenis-jenis kanker tulang, dan seluk-beluknya.
Penyebab dari kanker tulang masih belum diketahui dengan jelas, namun diduga karena adanya kelainan genetik. Gejala kanker tulang sangat mirip dengan rheumatik, yaitu rasa nyeri pada tulang maupun persendian dan munculnya benjolan atau bengkak. Secara fisik mungkin dokter akan kesulitan untuk mendiagnosis penyakit kanker tulang, untuk memastikan biasanya dokter merekomendasikan foto rontgen atau CT Scan atau MRI. Dengan cara tersebut, biasanya akan diketahui penyakit apakah yang diderita pasien.
Sebelum mengetahui jenis-jenis kanker tulang, Anda  harus tahu jika kanker tulang terbagi atas dua jenis, yakni primer dan sekunder. Kanker tulang sekunder merupakan kanker yang berasal dari organ lain yang menyebar ke area tulang, atau bisa dikatakan bukan berasal dari tulang. Kanker tulang primer sendiri adalah kanker yang sumbernya berasal dari tulang. Yang termasuk dalam jenis kanker tulang primer cukup banyak, diantaranya adalah :
  • Osteosarkoma, tumor tulang ganas yang umumnya berhubungan dengan pertumbuhan usia remaja.
  • Khondrosarkoma, kanker tulang yang terjadi pada jaringan lunak
  • Giant cell tumor, tumor jinak yang dapat menghancurkan tulang penderitanya sehingga apabila menyebar ke seluruh area tubuh bisa menyebabkan kelumpuhan.
  • Mieloma multipel, kanker yang berasal dari sel sumsum tulang penghasil sel darah
  • Tumor Ewing, tumor yang tumbuh pada anak usia pubertas, yang ditunjukkan dnegan adanya pertumbuhan tulang yang terlalu cepat
  • Limfoma Tulang Maligna, kanker yang sering menyerang usia lanjut
  • Fibrosarkoma dan Histiositoma Fibrosa Maligna, kanker yang berasal dari jaringan lunak dan biasanya menyerang tulang pada tungkai, lengan dan rahang.
Demikian informasi tentang jenis-jenis kanker tulang

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates