Senin, 04 November 2013

Dosis Penggunaan Acetaminophen Untuk Anak


Acetaminophen adalah salah satu obat yang dikenal sebagai analgesik atau obat pereda nyeri yang aman dapat dibeli secara bebas di apotek tanpa resep dokter. Meskipun aman namun bukan berarti dapat digunakan secara bebas tanpa mengikuti aturan dosis penggunaannya. Dosis pemberian acetaminophen berbeda-beda, tergantung pada usia atau berat tubuh sipenderita sakit. Pemberian dosis terutama pad penderita yang masih anak-anak akan lebih tepat bila berdasarkan pada berat tubuh. Acetaminophen dapat dijumpai dalam bentuk tablet, kaplet, sirup, maupun konsentrat.

Penggunaan acetaminophen sesuai dengan dosis yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

Dosis acetaminophen untuk usia 12 tahun ke atas dan dewasa

Dosis acetaminophen yang direkomendasikan adalah antara 650-1.000 mg setiap 4-6 jam sekali. Total pemberian acetaminophen tidak boleh melebihi 4.000 mg dalam jangka waktu 24 jam. Obat yang mengandung acetaminophen dengan dosis ekstra kuat tidak boleh diberikan pada anak di bawah usia 12 tahun. Acetaminophen dengan dosis ekstra kuat umumnya terdapat pada obat untuk mengatasi nyeri sendi.

Dosis acetaminophen untuk usia 12 tahun ke bawah

Dosis acetaminophen yang direkomendasikan adalah antara 10-15 mg/kg setiap 4-6 jam sekali. Total pemberian acetaminophen tidak boleh melebihi 50-75 mg/kg dalam jangka waktu 24 jam.
Pemberian dosis acetaminophen dapat diulang setiap 4 jam sekali namun tidak boleh melebihi 5 kali dalam sehari. Bilademam atau nyeri tidak mereda setelah 3 hari mendapatkan pengobatan dengan acetaminophen, maka hentikan pengobatan dan segeralah berkonsultasi dengan dokter. Pemberian acetaminophen selanjutnya dapat dilakukan hanya atas petunjuk dari dokter.
Khusus bagi penderita penyakit tertentu (contoh: penderita gangguan fungsi hati yang berat, sakit jantung, sakit diabetes, dsb) atau memiliki riwayat alergi terhadap obat-obatan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi acetaminophen atau pun obat-obatan yang mengandung acetaminophen. Penting sekali membaca indikasi dan kontraindikasi obat yang tercantum pada dus obat untuk menghindari terjadinya overdosis obat atau pun munculnya efek samping yang tidak diinginkan. Selaiin itu hindari juga mengkonsumsi acetaminophen atau obat yang mengandung acetaminophen bersamaan dengan obat anti depresan atau obat pereda nyeri lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates