Sabtu, 02 November 2013

Memahami Suhu Ruangan Ideal Untuk Bayi

Memang tidak gampang memahami suhu ruangan ideal untuk bayi. Pada suatu tempat terutama di rumah, mungkin bayi mengalami kecocokan suhu ruangan, sedangkan ketika sedang diajak pergi mengunjungi saudara, mungkin saja bayi mengalami ketidakcocokan suhu ruangan, bisa terlalu panas ataupun terlalu dingin. Memang sebagian besar literatur menyatakan bahwa suhu ideal ruangan tempat tinggal bayi berkisar antara 26-30 derajat Celcius, namun tentu saja hal ini tidak baku. Mungkin cara yang paling gampang untuk menentukan suhu ruangan ideal bayi adalah melihat berbagai tanda fisik yang tampak atau gerakan bayi saat bayi sedang tidur atau beristirahat.

Kiat dan Tips

Berikut beberapa kiat dan tips memahami suhu ruangan ideal untuk bayi berdasarkan tanda fisik atau gerakan bayi saat istirahat sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
  • Gelisah. Bayi yang berada pada suhu ruangan yang kurang ideal biasanya akan terlihat gelisah ketika sedang tidur. Kegelisahan ini bisa terlihat dari banyaknya jenis gerakan yang terjadi seperti gerakan tangan atau kaki.
  • Sering Terbangun. Sering terbangun ketika sedang nyenyak tertidur biasanya disebabkan oleh suhu ruangan yang terlalu dingin ataupun terlalu panas, sehingga bayi merasa kurang nyaman. Suhu yang terlalu dingin juga dapat memicu terjadinya hipotermia dan biasanya bayi akan terlihat sedikit meringkuk, sedangkan suhu yang terlalu panas akan menyebabkan bayi menjadi berkeringat.
  • Menangis. Sering menangis ketika sedang tidur juga bisa merupakan suatu pertanda bahwa suhu suatu ruangan tempatnya beristirahat biasanya terlalu panas, sehingga memicu timbulnya keringat pada bagian punggung dan akhirnya bayi merasa kurang nyaman.
  • Bercak Merah. Bercak merah ataupun ruam pada kulit bisa saja dipicu oleh suhu ruangan yang terlalu panas, sehingga bayi sering berkeringat. Timbulnya keringat ini bisa memicu terjadinya ruam atau bercak kemerahan, terutama pada daerah lipatan tangan, kaki ataupun leher.
Demikianlah beberapa kiat dan tips memahami suhu ruangan ideal untuk bayi yang bisa diamati oleh orangtua. Memang idealnya penggunaan AC sangat membantu untuk menjaga stabilitas suhu ruangan yang dirasakan cukup ideal bagi bayi, namun tentu saja tidak semua orangtua mampu membeli seperangkat alat ini. Penggunaan kipas manual untuk mengusir rasa gerah sepertinya cukup membantu.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates