Rabu, 09 Januari 2013

Ketahui Kapan Sebaiknya Minum Teh & Jus Buah Saat Diet

Kelebihan asupan kalori tidak hanya berasal dari makanan, tapi juga cairan. Minuman yang kerap dijual di cafe, supermarket atau restoran seperti kopi susu, sari buah, ice blended dan soda umumnya tinggi gula dan kalori namun minim nutrisi. Itu sebabnya banyak orang meminum lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan setiap harinya.

Namun masalahnya bukan sekadar menambah kalori. Minuman tinggi gula, lemak dan kalori juga memicu rasa lapar sehingga Anda tergoda untuk makan lebih banyak dan sering. Di sisi lain, ada minuman yang justru baik bagi kesehatan dan tidak menambah ekstra kalori pada tubuh, khususnya bagi Anda yang sedang menjalani diet penurunan berat badan. Empat jenis minuman ini bisa Anda minum sesuai kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh.

1. Air Putih
Air putih adalah 'minuman ajaib' yang punya sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Minumlah saat Anda:
- Kelelahan, sakit kepala atau sedikit kesal. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, pastisipan yang mengalami dehidrasi lebih dari 1 persen mood nya menurun, konsentrasi lebih rendah dan mengalami sakit kepala. Menurut penulis penelitian tersebut, syaraf-syaraf tertentu bisa mendeteksi terjadinya dehidrasi dan memberi sinyal pada otak untuk mengatur mood serta fungsi kognitif.

- Ingin turunkan berat badan. Para peneliti dari The American Chemical Society menemukan , pelaku diet yang minum air putih sebelum makan tiga kali sehari selama lebih dari 12 minggu, berat badannya berkurang 5 pon. Jumlahnya lebih banyak dibandingkan pediet yang tidak meningkatkan asupan airnya. Disarankan minum dua gelas air putih sebelum makan untuk memberikan rasa kenyang, sehingga Anda makan lebih sedikit.

- Latihan kurang dari 90 menit. Aktivitas fisik yang dilakukan selama 90 menit atau kurang akan mengeluarkan keringat, tapi tidak sampai membuat Anda harus minum minuman energi atau sports drink. Yang Anda perlukan adalah air untuk rehidrasi dan membantu melumasi persendian, serta memberi 'bantalan' bagi organ dalam tubuh dan otot.

"Anda hanya memerlukan air putih kecuali tubuh Anda aktif lebih dari 90 menit dengan intensitas sedang hingga tinggi," ungkap ahli nutrisi Lisa C. Cohn seperti dikutip dari Livestrong. Ia juga mengatakan Anda baru perlu sports drink jika mengeluarkan peluh sangat banyak saat latihan keras. Minumlah sekitar 2 liter air dua hingga tiga jam sebelum olahraga, dan 500 ml setiap 10-15 menit selama olahraga.

2. Teh
- Saat Anda ingin mengurangi konsumsi kafein, mulailah dengan mengonsumsi teh hitam. Lisa Roberts-Lehan, konsultan nutrisi dan kesehatan menerangkan, "The hitam hanya memiliki 50 mg kafein dalam satu cangkir. Jauh lebih rendah dibandingkan kopi yang mengandung 100 hingga 190 mg per cangkirnya."

- Saat mengalami gangguan pada perut, minum teh bantu menyamankannya. Dalam pengobatan tradisional China, teh dipercaya bisa memperbaiki sistem pencernaan dengan menetralisir asam di perut. Minumlah the Oolong untuk membantu sistem pencernaan karena dia berfungsi sebagai detoksifikasi. Sementara untuk mengatasi perut yang kurang nyaman, minumlah earl grey tea dicampur dengan jahe.

3. Jus Buah
Minumlah satu gelas jus dari 100 persen buah asli beberapa jam setelah Anda mengonsumsi makanan tinggi lemak, seperti double cheeseburger, ayam goreng tepung atau creamy mushroom fettucine. Jus buah murni bisa membantu menetralisir peradangan yang disebabkan konsumsi lemak berlebihan. Jus jeruk misalnya, bisa menetralisir inflamasi dan membantu mencegah kerusakan pada pembuluh darah, menurut para peneliti di University of Buffalo.

4. Air Lemon
Minum setengah gelas air lemon hangat (tanpa gula) di pagi hari sebelum mengonsumsi makanan apapun, akan memberikan Anda tenaga listrik yang membuat tubuh lebih segar dan berenergi. Selain itu berkat kandungan vitamin C yang tinggi, lemon bisa menguatkan sistem imun tubuh dan meluruhkan racun-racun yang masuk ke tubuh karena konsumsi junk food dan paparan polusi. Air lemon yang terbuat dari buah segar dan ditambah sedikit madu bisa mendetoksifikasi dan menyegarkan tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates