Jumat, 27 Januari 2012

Tips kesehatan wanita

Bagi kaum hawa pasti tidak asing dengan masalah-masalah keseharian tentang kondisi tubuhnya entah itu menstruasi, keputihan, mual saat hamil, sampai penyakit khusus wanita. Nah untuk itu tipsku akan berikan beberapa saran dalam menjaga kesehatan khusus kaum wanita. Sebab sudah banyak orang yang telah terkena penyakit khusus wanita tersebut namuan dari pada anda nantinya mengobati penyakit tersebut lebih baik anda lakukan pencegahan sejak dini. Kenapa harus wanita ya yang mudah terkena penyakit? Dari kabar yang kami dapatkan bahwa bahan kimia yang terdapat pada kosmetik-kosmetik pada yang pada umumnya dijual di pasaran dapat berpotensi timbulnya kanker.

Nah untuk itu saran dari kami minimalkan penggunaan bahan kimia untuk tubuh badan anda. Sebetulnya jika kita hidup sehat seperti nenek moyang kita lakukan dengan kembali ke alam dapat berdampak baik bagi kesehatan kita terutama hidup higenis tentunya. Sejak dahulu sampai sekarang perkembangan teknologi semakin canggih dan radikal bebas pun dimana-mana selain itu radiasi juga berpotensi timbulnya penyakit, namun seolah-olah kita tidak sadar bahwa perkembangan menunjukkan tingkat penurunan kesehatan untuk kita semua. Dari teori fisika pun mengatakan bahwa bumi suatu saat tidak dapat ditinggali lagi.

Haduh jadi mlencong kemana-mana, maaf ya. Sekarang mari kita kembali ke topik awal mengenai menjaga kesehatan khusus wanita. Sebetulnya apa sih bedanya wanita dengan kaum lelaki, lalu kenapa harus wanita yang berpotensi besar terkena penyakit? Untuk jawabannya kami sendiri belum mengetahui secara pastinya namun mungkin karena wanita lemah, makanya kaum lelaki melindungi kaum wanita :) . Mari kita simak bagaimana cara menjaga kesehatan khusus wanita tersebut :
Saat menstruasi

Karena yang merasakan menstruasi berbeda-beda mungkin perlu penanganan berbeda pula, namun pada intinya untuk mengatasi menstruasi perlu obatnya. Sebaiknya gunakan obat khusus menstruasi namun karena seperti yang kami sebutkan diatas lebih baik gunakan jenis obat yang sesuai dengan anda agar obat tersebut bekerja dengan baik. Selain itu jika anda merasakan nyeri kami akan bahas bagaimana cara meredam rasa nyeri tersebut.

- Lakukan rileksasi untuk manangani anda saat menstruasi menyebabkan stress, hal ini disebabkan produksi hormon adrenalin dan semua hormon yang diperlukan saat anda stress dan akan dihentikan saat anda rileks termasuk hormon seks esterogen dan progresterone yang mempengaruhi timbulnya nyeri.

- Metode atau cara hipnoterapi digunakan untuk merubah pola berfikir yang tadinya negative thinking menjadi positive thinking dengan cara memunculkan fikiran dari bawah sadar. Hal ini dipercaya dapat mengetahui penyebab stress yang memicu timbulnya nyeri tadi, sehingga penanganannya dapat dilakukan dengan cara yang tepat.

- Untuk obat alternatifnya ada banyak cara sebetulnya, namun kami akan berikan beberapa cara yang mungkin dapat anda lakukan. Dari mengompres menggunakan air hangat, pemberian aroma terapi, konsumsi tanaman herbal, olah raga teratur, pemijatan dan lain-lain yang dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri saat datangnya menstruasi.
Mengatasi keputihan

Keputihan memang manjadi masalah bagi wanita namun anda sebagai wanita tidak perlu khawatir hingga menyebabkan stress lebih baik bersikap tenang tapi juga mencari solusinya. Ngomong-omong tentang solusi kami akan berikan solusi bagi anda yang mangalami keputihan.

- Untuk solusinya kita ambil saja manfaat daun sirih sebab daun sirih memiliki khasiat untuk menangani masalah tentang keputihan tersebut. Daun siri dipercaya dapat mengurangi rasa gatal dan bau saat keputihan. Caranya dengan rendam daun sirih selama satu jam dalam air panas lalu diamkan hingga dingin. Setelah itu gunakan air tersebut untuk membersihkan daerah vagina tersebut dan lakukan setiap hari pagi & sore hari.

- Selain itu ada juga kita mengambil manfaat kunyit putih misalnya, kunyit tersebut dapat membantu mengatasi masalah keputihan anda. Caranya dengan iris tipis-tipis lalu rebus menggunakan air bersih hingga mendidih setelah itu diamkan beberapa saat hingga menjadi hangat. Seperti dengan daun sirih diatas gunakan air ramuan kunyit tersebut untuk membersihkan daerah vagina anda. Ada juga manfaat dari kunyit dapat dijadikan sebagai obat dalam untuk mengatasi masalah keputihan tersebut.
Mual saat hamil

Bagi ibu hamil muda mungkin kebanyakan akan merasakan mual serta muntah, hal tersebut memang sudah biasa pada kalangan ibu hamil muda. Namun disini kami akan bahas juga cara mengatasi mual serta muntah saat hamil muda. Tips ibu hamil ada banyak namun disini kami akan bahas secara singkat bagaimana mengatasi mual muntah tersebut.

- Hal pertama yang harus anda lakukan jika anda belum berpengalaman dalam mengatasi kehamilan pertama sebaiknya rubahlah pola makan anda yang dulunya makan 3 kali sehari dalam porsi sederhana diganti dengan makan sedikit demi sedikit namun sering setiap harinya. Hal tersebut akan membentu mengatasi mual serta muntah yang anda alami. Sebab jika anda makan banyak seperti biasanya akan menambah rasa mual pada anda.

- Saat anda bangun tidur sebaiknya jangan terburu-buru untuk langsung berjalan atau aktifitas lainnya namun sebaiknya setelah bangun tidur istirahat sebentar untuk duduk serta jangan lupa menaruh makanan dalam jumlah sedikit didekat tempat tidur, dapat berupa roti atau lainnya agar anda saat bangun tidur mudah untuk meraih makanan tersebut dan makan namun minum air putih terlebih dahulu ya.

- Untuk tambahan obat alternatifnya sebaiknya konsumsi jahe yang dipercaya dapat mengatasi rasa mual serta muntah tersebut. Sebab sebuah penelitian yang dilakukan di australia menyimpulkan bahwa obat tradisional ini dapat mengatasi mual bagi ibu hamil serta aman dikonsumsi.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates