Jumat, 20 Januari 2012

CALC

Open Office Calc merupakan paket program spreadsheet (pengolah angka atau kertas kerja) yang berguna untuk mengelola data-data yang memerlukan perhitungan dalam bentuk tabel . Untuk paket program spreadsheet sebenarnya bukan hanya Open Office Calc, banyak program aplikasi sejenis seperti Microsoft Excel, Lotus dan lain sebagainya.

PENGENALAN CALC

Sebagai salah satu aplikasi perkantoran yang banyak membantu dalam hal pengedetan data yang berbentuk tabel, grafik dan perhitungan, Calc memberikan kemudahan bagi para pemakainya. Adapun menu-menu yang ada di Calc antara lain menu File, menu Edit, menu View, menu Insert, menu Format, menu Tools, menu Data, menu Window, dan menu Help. Sedikit penjelasan untuk menu-menu tadi antaralain:

1. Menu File
Menu File berisikan menu yang berkaitan dengan file, mulai dari memulai file baru, membuka file yang ada, menutup file yang sedang aktif, mencetak file yang aktif, dan mengatur pencetakan file, serta menutup aplikasi yang kita gunakan.

2. Menu Edit
Pada menu ini akan ditemukan berbagai jenis menu yang berkaitan dengan pengeditan data, mulai dari undo, redo, repeat, cut, copy, paste, select all, delete cell, delete contents, sheet.

3. Menu View
Menu ini berisikan data yang berkaitan dengan tampilan Calc, yang isinya mulai dari zoom, data source, toolbar, status bar, dan lain-lain.

4. Menu Insert
Pada bagian ini isinya adalah untuk penambahan data, mulai dari cell, baris, colom, sheet, function atau rumus, penamaan tabel, grafik, object, dan  juga tidak tertinggal yaitu chart.
5. Menu Format
Menu format biasanya digunakan untuk memformat data, mulai dari format cell, baris, colom, sheet, page, ataupun auto format.

File baru :
Untuk membuka lembar baru tanpa menutup lembar lama caranya adalah:
- klik File
- Klik New
-Klik Spreadsheet

Menyisipkan kolom :
Untuk menyisipkan satu atau beberapa kolom kosong pada worksheet kita dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
-blok atau aktifkan kolom yang hendak disisipkan
-klik insert
-klik colom

Menyisipkan baris :
Untuk menyisipkan satu atau beberapa baris kosong pada worksheet kita dapat lakukan dengan langkah-langkah sebagi berikut:
-klik atau aktifkan cell atau baris yang mau di sisipkan
-klik Insert
-klik row

Menggabungkan cell :
Cara menggabungkan cell yaitu:
-blok cell yang mau digabungkan
-klik format
- klik marge cell
-klik define

Menghapus cell :
Cara menghapus cell yaitu:
-klik atau aktifkan cell yang akan dihapus
-klik edit
-klik delete cells
-pilih shift cell up
-klik Ok  

Menghapus colom dan baris :
Cara menghapus colom dan baris adalah:
-blok baris atau kolom yang akan dihapus
-klik edit
-klik delete cells
-pilih delete entire row untuk manghapus baris
- pilih delete entire column untuk menghapus colom
-klik Ok

Menambah sheet :
Untuk menambah sheet yang ada caranya adalah:
klik insert
-klik sheet
-tentukan posisi sheetnya
- klik ok

Menghapus sheet :
Untuk menghapus sheet caranya adalah:
-klik  sheet yang akan dihapus
-klik edit
- klik sheet
-klik delete

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates