Senin, 02 April 2012

Keluhan ibu hamil

Selama hamil tubuh wanita mengalami perubahan. Perubahan tubuh wanita seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan janin. Perubahan yang terjadi dapat menimbulkan berbagai rasa pada diri wanita, seperti tidak nyaman, gembira, atau was-was. Berikut ini kami akan bahas keluhan-keluhan yang akan dirasakan oleh ibu hamil serta cara mengatasinya.

- Mudah lemah
Pada awal kehamilan wanita merasakan mudah lelah. Kondisi ini sangat wajar karena tubuh anda kini bekerja lebih keras. Laju metabolisme wanita hamil meningkat sekitar 20 persen. Jantung memompa darah lebih banyak sehingga detak jantung bekerja lebih cepat. Selain itu kecepatan pernapasan juga meningkat. Terkadang tubuh merasa kurang enak badan serta susah makan.

Apabila hal ini terjadi pada anda maka jalani saja. Seiring dengan berkembangnya kehamilan, kelelahan berangsur-angsur berkurang. Cara menyiasatinya di antaranya dengan beristirahat pada siang hari sehingga anda tidak merasa terlalu letih. Anda juga dapat bersantai pada sore hari dengan mandi air hangat dan minum susu hangat. Hindarilah minum teh, kopi atau alkohol agar anda tidak terlalu sering buang air kecil. Seringnya buang air kecil dapat mengganggu waktu istirahat anda. Apabila kelelahan semakin menjadi, anda perlu berkonsultasi kepada bidan atau dokter. Satu hal yang perlu anda ingat hindarilah mengkonsumsi obat-obatan penambah stamina tanpa rujukan bidan atau dokter anda. Hal ini demi manjaga kesehatan kehamilan anda.

- Mual dan muntah
Sekitar 85 persen wanita hamil mengalami keluhan mual dan muntah. Mual dan muntah ini terjadi karena produksi hormon HCG yang berlebihan saat kehamilan. Mual (morning sickness) sebenarnya dapat terjadi setiap saat sepanjang hari terutama pada trimester pertama. Cara mengatasinya dengan makan biskuit sebelum bangun dari tempat tidur.

Apabila timbul mual sepanjang hari, makan dan linumlah sedikit tetapi sering. Anda perlu menghindari makanan berlemak dan minuman mengandung susu. Ada sebagian wanita suka minuman manis untuk mengurangi mual, tetapi ada pula yang cocok dengan meminum minuman yang mengandung jahe atau papermint.

minuman jahe dapat dibiuat dengan cara berikut.

* Masukkan jahe yang sudah dibakar dan di gepengkan ke dalam teko atau cangkir.
* Tuangkan air mendidih dan biarkan jahe terendam beberapa menit.
* Setelah itu tuangkan ke dalam gelas atau cangkir.
* Tambahkan gula merah atau madu sesuai selera.

Apabila anda terus-terus muntah dan sulit makan atau minum, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter atau bidan. Anda akan diberi tablet antimual atau suntikan oleh dokter.

- Sembelit (Susah buang air besar)
Perubahan hormonal dapat menyebabkan sistem pencernaan manjadi lebih lambat sehingga buang air besar anda juga lebih lambat. Selain itu sebagian suplemen zat besi bisa menyebabkan sembelit. Apabila dikonsumsi cukup lama suplemen ini juga bisa memicu hemeroid (wasir). Jika hal ini terjadi anda segeralah meminta dokter mengganti zat besi yang diresepkan pada anda. Sembelit dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah, sayur, dan makanan berserat. Selain itu juga dapat dengan minum banyak air sekitar 2 liter perhari.

- Sering buang air kecil
Pada awal kehamilan, wanita sering buang air kecil. Hal ini karena rahim semakin membesar dan menekan kandung kemih. Pada trimester kedua keluhan ini semakin berkurang karena tekanan rahim ke kandung kemih berkurang. Akan tetapi pada akhir kehamilan kebiasaan ini akan terulang kembali.

- Payudara semakin membesar
Hormon estrogen, progesteron, HPL, oksitosin, dan prolaktin menyebabkan payudara semakin membesar dan melunak. Pada saat kehamilan ini, saluran air susu sedanng tumbuh. Muncul pula pembuluh vena berwarna biru tua akibat meningkatnya aliran darah ke jaringan payudara. Daerah areola biasanya membesar dan bertambah gelap. Bintik-bintik di sekitar areola (montgomerys tubercles) juga membesar dan mengeluarkan cairan untuk melumasi puting. Terkadang payudara anda akan mengeluarkan cairan bening (kolostrum) yang merupakan bentuk awal air susu. Apabila ini terjadi anda tidak perlu khawatir.

- Hampir pingsan dan pening
Kondisi seperti ini biasa terjadi pada wanita hamil, apalagi bila anda terlalu lama berdiri sehingga pembuluh darah di kaki melebar dan menyebabkan darah terkumpul di bagian bawah tubuh. Akibatnya jantung bekerja lebih keras memompa darah ke seluruh tubuh. Gejala pening ini akan sangat terasa saat anda lelah atau lapar. Oleh karena itu anda perlu berkonsultasi kepada bidan atau dokter untuk memastikan anda anemia atau tidak.

- Mengidam makanan
Mengidam makanan terutama makanan yang segar, biasa dialami oleh wanita hamil. Diduga, mengidam merupakan sinyal dari tubuh karena kekurangan zat tertentu. Ada pula yang mengatakan bahwa mengidam muncul karena pengaruh HCG dalam tubuh. Tetapi jangan khawatir, rasa ngidam ini akan berangsur berkurang ketika kehamilan memasuki usia 17 minggu. Sebenarnya mengidam makanan apapun boleh-boleh saja selama dalam jumlah wajar dan tidak mengganggu kondisi kehamilan. Berikut ini beberapa cara menyiasati keinginan mengidam secara rasional.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates