Rabu, 09 Oktober 2013

Cara Mematikan Komputer

Langkah-Langkah Mematikan Komputer :

  1. Matikan (close) semua program yang aktif pada komputer, Klik tombol Start 
  2. Klik tombol Turn off computer
  3. lalu muncul tampilan dan pilih turn off  computer ( untuk windows XP )
  4. dan tunggu hingga komputer sudah non aktif , lalu cabut colok listriknya.

Langkah-Langkah Mematikan Komputer Pengguna Sistem Operasi Win 98/Me :
1. Klik Menu “Start”
2. Pilih dan Klik “Shutdown “
3. Pilih “Shutdown”
4. Klik “OK”
5. Tunggu komputer sampai benar-benar mati dengan sendirinya
6. Kalau Komputer Sudah benar-banar mati matikan Monitor dengan menekan tombol Power Pada Monitor, dan perlu di ingat, pada CPU tidak Perlu diPencet Lagi tombol powernya. kecuali jika layar monitor menampilkan pesan ” it’s now safe to turn of your computer”
7. Matikan stabilizer dan cabut kabel listriknya.

Langkah-Langkah Mematikan Komputer Pengguna Sistem Operasi Windows XP :
1. Klik Menu “Start “
2. Pilih dan klik “Turn Off”
3. Klik “Turn Off”
4. Tunggu sampai komputer benar-banar mati
5. Matikan Stabilizer dan Cabut Kabel Listrik.

Tetap Hemat Meski Gonta-Ganti Model Hijab

Seiring dengan berkembangnya fashion hijab di Indonesia, kita seringkali menemukan produk yang kita inginkan namun harus merogoh kocek cukup dalam. Yaah.. padahal kan ingin tampil lebih nyaman dan santun.
Vemale mengerti akan hal itu, Ladies. Bila Anda sedang melengkapi amunisi hijab Anda namun terbentur masalah dompet, coba ikuti tipsnya berikut ini.

1. Lengkapi Kebutuhan Pokok Berhijab

Kunci agar kita tidak selalu ingin beli ini dan itu adalah melengkapi kebutuhan pokok terlebih dahulu. Cari pakaian berlengan panjang ataupun bawahan yang panjang, pashmina atau jilbab dan jarum pentul atau peniti. Pilihlah warna-warna basic pada bawahan Anda, misalnya hitam, mocca atau putih. Hal ini akan memudahkan Anda memadu padankan pakaian dan jilbab Anda.

2. Update Tips Tutorial Jilbab

Jangan malas belajar tutorial jilbab bila Anda ingin penampilan yang berbeda dari hari ke hari. Tidak ada salahnya kok mencoba gaya hijab masa kini selama tutorial ya kita ikuti tidak ribet dan tetap sesuai syariat Islam. Dengan mengupdate tutorial jilbab, kita bisa menggunakan satu jilbab untuk berbagai gaya. Lebih hemat kan?

3. Mix and Match

Dengan memilih warna basic, Anda bisa mengombinasikan penampilan Anda. Bila ada waktu senggang, cobalah untuk mix and match koleksi yang Anda miliki. Jadi penampilan bisa bervariasi setiap hari tanpa harus beli baju baru. Punya beberapa koleksi aksesoris juga bisa dimanfaatkan lho, Ladies. Misalnya bros bunga sederhana.

4. Seleksi Harga

Bila Anda hendak membeli produk fashion hijab, lebih baik bila Anda mensurvey harga dan barang terlebih dahulu. Penjual jilbab atau pakaian tidak hanya satu atau dua, survey harga yang murah dan bandingkan kualitas produknya. Walau hemat bukan asal murah juga, bukan? Pilih yang ekonomis namun juga berkualitas.

5. Kembali ke Niat

Setelah sudah melakukan semuanya namun masih suka lapar mata saat melihat produk fashion hijab yang cantik dan lucu, kembalikan pada niat Anda berjilbab. Pakaian ini digunakan untuk menutupi aurat Anda, tidak apa-apa tidak memiliki dress yang lucu, selama pakaian yang ada masih mampu menutup aurat Anda dengan baik.

Makanan untuk Anak yang Diare

Diare merupakan gangguan kesehatan berupa buang air besar encer yang terjadi beberapa kali sehari. Saat si kecil diare, banyak orangtua mencoba mengatur ulang menu dan memilih makanan untuk anak yang diare dengan cermat. Salah satu menu makanan bagi anak diare adalah diet BRAT (Banana, Rice, Applesauce, and Toast).

Seperti namanya, diet BRAT adalah pemberian makanan berupa pisang, nasi, buah apel (atau jus apel), dan roti. Jenis makanan ini dianggap rendah serat dan ampuh dalam memampatkan diare. Sebab, makanan yang tinggi serat dapat menghasilkan gas dan memperberat gejala.
Meski demikian, para ahli tidak merekomendasikan diet BRAT diberikan secara berkepanjangan, misalnya dari awal hingga anak berhenti diare, tanpa adanya asupan bahan makanan lain. Alasan utama adalah karena nutrisi dalam diet BRAT tidak seimbang. Diet BRAT rendah protein, kalori, lemak, dan kalsium, serta minim vitamin. Karenanya pemberian diet BRAT saja dapat membuat anak kekurangan zat gizi penting yang ia butuhkan. BRAT dapat diberikan sebagai menu makanan untuk anak yang diare ketika awal terjadinya gejala, namun tidak untuk seterusnya.

Hal yang harus diingat adalah diare pada anak umumnya terjadi karena infeksi virus. Jadi selama infeksi masih terjadi, diare akan tetap berlangsung. Diet BRAT mungkin membantu dalam memadatkan feses, namun tidak menyembuhkan infeksi virus itu sendiri. Diare karena virus bersifat self-limiting, yang akan sembuh sendiri sejalan dengan daya tahan tubuh anak melawan infeksi, bukan karena makanan.
Selama anak diare, berikan ia cairan ekstra agar anak terhindar dari risiko dehidrasi, misalnya air putih, oralit, atau jus buah. Oralit penting diberikan untuk menggantikan elektrolit yang hilang bersama feses. Selain itu, tetap tawarkan anak menu makanan dengan gizi seimbang.
Saat diare, umumnya anak malas makan. Karenanya jangan memaksa dalam memberikan makanan untuk anak yang diare. Siapapun pasti tak berselera makan saat sedang tak sehat. Berikan makanan yang ia mau, namun siapkan pula menu yang mengundang selera seperti sup kaldu. Sementara itu, hindari pemberian makanan atau minuman berlemak atau tinggi gula.

7 Alasan Memilih Beras Merah untuk Diet Ketimbang Beras Putih

img

 Beras merah merupakan beras yang belum mengalami proses penggilingan atau pengelupasan kulit sepenuhnya. Lapisan kulit yang masih menutupi bijirin beras mengandung serat dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Sedangkan beras putih sudah dikuliti hingga hanya tersisa bijirinnya. Sehingga tidak memiliki lagi serat dan bisa meningkatkan kadar gula. Itulah sebabnya, mengonsumsi beras merah lebih sehat ketimbang beras putih. Apa saja keuntungan yang didapat dengan makan nasi merah, baik secara diet maupun kesehatan? Ini jawabannya, seperti dikutip dari iDiva.

1. Mengandung Serat Tinggi
Nasi akan memberi Anda nutrisi seperti magnesium, zat besi, serat, protein dan niacin. Namun perlu diperhatikan jenis nasi yang dikonsumsi. Pilihlah nasi merah, brown rice atau beras hitam ketimbang nasi putih yang merupakan karbohidrat sederhana. Mereka lebih baik karena kandungan serat yang tinggi serta memiliki karbohidrat kompleks yang lebih sehat.

2. GLycemic Index Rendah
Makanan dengan karbohidrat kompleks, salah satunya beras merah, memiliki tingkat glycemic index rendah yang berguna dalam pengaturan kadar gula darah dan produksi insulin. Selain itu juga menyediakan energi untuk memaksimalkan manfaat kesehatan.

3. Cepat Kenyang
Beras merah mengandung karbohidrat kompleks; jenis karbohidrat yang lama dicerna dalam tubuh. Sebuah studi di British Journal of Nutrition menemukan, mengonsumsi karbohidrat kompleks (kentang, oatmeal dan beras merah) bisa membuat Anda kenyang hingga berjam-jam dan makan kurang dari 320 kalori per hari. Saat makan siang atau malam, ganti nasi putih atau mie dengan nasi merah.

4. Sumber yang Baik untuk Zat Besi
Zat besi atau mangan membantu tubuh untuk menghasilkan energi dari makanan yang Anda konsumsi. Mangan juga merupakan komponen penting dari enzim dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas yang biasanya terbentuk selama proses produksi energi. Jadi, daya tahan tubuh meningkat dan energi bisa digunakan lebih optimal.

5. Kaya akan Zinc
Mineral ini membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun berfungsi dengan baik. Zinc juga kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel dan jaringan tubuh.

6. Mengandung Vitamin B-6
Satu porsi nasi merah bisa memenuhi 23 persen kebutuhan harian dari vitamin B6. Jumlah itu yang memang diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsi organ. Vitamin ini membantu menjaga keseimbangan dari pembentukan hormon serotonin (hormon pengatur mood), sel darah merah dan produksi sel-sel DNA.

7. Menurunkan Kolesterol
Nasi atau beras merah mengandung minyak yang bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Maka dari itu, disarankan untuk menjalani diet beras merah dan gandum utuh dengan tujuan meningkatkan level kolesterol baik. Jadikan nasi merah sebagai makanan pokok dan sumber karbohidrat sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

7 Kebiasaan Diet Agar Cepat Langsing

Banyak langkah bisa dilakukan untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal. Mulai dari mengonsumsi makanan rendah kalori hingga berolahraga secara rutin. Bahkan, ada beberapa wanita yang rela menghabiskan uang untuk sedot lemak. Bagi Anda yang mengalami masalah dengan lemak berlebih, ada cara-cara alami dan aman untuk menyingkirkannya. Syaratnya, lakukanlah tujuh kebiasaan ini secara rutin, seperti yang dikutip dari Shape.

1. Memakan Berbagai Macam Buah
Konsumsi berbagai jenis buah dan sayuran segar dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Menurut sebuah studi dari Florida State University, memasukkan buah apel dalam menu diet Anda bisa berkhasiat lebih baik daripada tidak mengonsumsinya sama sekali. Makanlah satu jenis buah atau sayuran yang berbeda setiap hari secara teratur. Baik dikonsumsi langsung maupun dijus.

2. Angkat Alat Berat
Cobalah mengangkat alat berat. Mungkin salah satunya dengan menggunakan barbel. Jika Anda tidak mempunyai barbel di rumah, angkat dua pot yang telah diisi batu. Lakukan latihan tersebut dua minggu sekali. Angkat berat dapat meningkatkan hormon pertumbuhan Anda serta menurunkan berat badan lebih cepat.

3. Konsumsi Sayuran Hijau
Banyak yang bilang kalau salad bukan termasuk ke dalam makanan diet. Akan tetapi, sayuran hijau kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Coba buat menu makanan diet sendiri dengan campuran berbagai macam jenis sayuran hijau setiap minggu. Tambahkan juga makanan yang banyak protein tapi rendah lemak, seperti kacang, biji-bijian, dan sayuran. Tapi ingat, jangan gunakan dressing mengandung krim seperti mayonnaise atau thousand island, melainkan minyak zaitun, merica dan balsamic vinegar.

4. Menari
Kombinasikan olahraga rutin Anda dengan menari. Hal ini bisa mempercepat penurunan berat tubuh Anda. Jika Anda malas melakukannya sendirian, ajaklah teman untuk menari bersama atau Anda juga bisa ikut kelas tari yang dapat mengembangkan bakat dalam diri.

5. Ciuman dan Seks
Studi menunjukan kalau seks bisa mengurangi stres serta mengurangi lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Jika Anda sudah berkeluarga, kegiatan seks yang rutin dapat membuat tubuh lebih langsing diimbangi dengan diet yang sehat. Namun, kalau Anda belum menikah, sebaiknya fokuskan diri dengan olahraga dan makanan rendah lemak.

6. Konsumsi Mentega
Asupan lemak sehat yang terkandung dalam kelapa, minyak zaitun, atau mentega membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Mungkin Anda pernah mendengar bahwa lemak yang menetap di dalam perut tidak baik bagi kesehatan. Namun, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa makanan yang berasal dari sumber alami, seperti mentega organik bisa bebas dikonsumsi.

7. Beristirahat
Terkadang, wanita terlalu fokus menurunkan berat badan mereka sehingga tidak memperhatikan tubuh yang kelelahan. Tubuh Anda butuh istirahat karena otot memerlukan perbaikan dan pemulihan. Maka dari itu, overtraining malah membuat Anda lesu atau depresi. Sebaiknya, luangkan waktu untuk beristirahat. Latihan yang ringan secara teratur akan bekerja lebih baik daripada memaksakan diri berolahraga setiap hari.

Dasar-dasar dalam Bahasa Jerman

Guten morgen : Selamat pagi

Guten tag : Selamat siang/sore
Guten abend : Selamat malam
Gute nacht : Selamat tidur
Wie geht es dir? : Apa kabar?
Mir geht es gut : Saya baik baik saja
Mir geht es nicht so gut : Saya kurang sehat
Mir geht es sehr gut! : saya baik sekali
Mir geht es gut, danke. Und dir? : Saya baik. Terima kasih. Bagaimana dengan anda?
Wie heißt du? : Siapakah nama anda?
Ich heiße... : Nama saya .......
Freut mich dich kennenzulernen : Senang bertemu anda. Senang berkenalan dengan anda (untuk pertemuan pertama)
Freut mich auch dich kennenzulernen : Senang berjumpa dengan anda juga
Woher kommst du? : Dari mana anda berasal?
Ich komme aus ... : Saya dari....
Als was arbeitest du? : Apa pekerjaan anda?
Ich bin Schüler : Saya seorang pelajar
Ich bin Lehrer : Saya adalah seorang guru
Wo lebst du? : Dimana anda tinggal?
Wo ist ...? : Dimana?
Wie alt bist du? : Berapa umur kamu
Ich bin ... Jahre alt : Saya berusia ... tahun
Sprichst du englisch? : Apakah kamu berbicara bahasa Inggris?
Ich spreche nur ein bisschen englisch : Saya hanya berbicara sedikit bahasa Inggris
Ich verstehe das nicht : Saya tidak mengerti
Kannst du das bitte wiederholen? : Bisakah kamu mengulanginya?
Kannst du bitte etwas langsamer sprechen? : Bisakah anda berbicara lebih lambat?
Kannst du mir bitte helfen? : Bisakah anda menolong saya?
Ja : Ya
Nein : Tidak

Bitte : Tolong (Ketika Anda meminta untuk sesuatu seperti dalam "Tolong terjemahkan kalimat untuk saya") / Silahkan (Seperti dalam "Silakan masuk")
Danke : Terima kasih
Gern geschehen : Sama-sama atau Terima kasih kembali

Entschuldigung : Permisi (karena mengganggu sesuatu, mengetuk pintu orang, melewati seseorang dilingkungan, dll) / Maaf (mencoba untuk mendapatkan perhatian)
Es tut mir leid : Saya minta maaf / Saya mohon maaf
Bis bald : Sampai jumpa lagi
Bis morgen : Sampai jumpa besok
Auf wiedersehen : Selamat tinggal / Selamat jalan
Hab einen schönen Tag : Semoga harimu menyenangkan

Tips Masak Menghilangkan Pahitnya Pare

 Tips Masak Menghilangkan Pahitnya Pare
Apakah anda suka pare? Pare, buah yang terkenal dengan rasa pahitnya, namun memiliki khasiat untuk menurunkan gula darah jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat. Dibawah ini ada Tips Masak mengurangi pahitnya pare yang bisa anda simak.

Untuk mengurangi rasa pahitnya, sebelum dimasak, pare dibersihkan dari isinya kemudian diiris-iris. Uleni irisan pare itu dengan garam. Cuci dengan air sampai bersih. Saat akan dimasak beri kembali garam sebanyak 1 sendok teh. Maka rasa pahitnya akan berkurang.

Agar lebih mudah lagi mengolah pare ini, anda dirumah bisa menggunakan alat POWER CERAMIC KNIFE ini dirumah. Selamat Mencoba

Kadal Obat Penangkal Asma


Kadal yang hidup di semak-semak ini mampu mengatasi gangguan pada organ ginjal dan paru-paru penderita asma, batuk, dan tuberkulosis (TBC). Kadal banyak dijumpai di daerah Asia, khususnya Asia Utara dan Tenggara. Menurut pengobatan tradisional Cina, kadal bersifat asin dan netral. Fungsinya sebagai tonik bagi organ paru-paru dan ginjal. Dalam teori lima unsur Traditional Chinese Medicine (TCM), kadal berfungsi sebagai tonik unsur yang ginjal dan bisa meningkatkan vitalitas seksual. Juga sebagai tonik energi murni, darah, dan chi paru-paru. Manfaatnya, bisa meredakan asma dan mengobati batuk berlendir.

Meringankan Kerja Paru.

Ramuan bubuk kadal diyakini mampu mengeluarkan lendir, membuat suara batuk tak terdengar lagi, dan tarikan napas semakin panjang. Bubuk kadal juga baik bagi penderita TBC, yang batuknya sudah berkepanjangan. Dr. Budi menuturkan pengalamannya saat masih berpraktik di RS Beijing, Cina. Ia mendapati, di sana pasien asma dan batuk yang tetap bandel merokok, kondisinya terbilang lebih sehat bila dibandingkan pasien Indonesia. Padahal, nikotin dari rokok membuat kerja paru-paru melemah. Kondisi mereka, bisa saja terjadi karena rajin minum arak kuning dengan rendaman kadal. 

Kadal diyakini mempunyai fungsi yang mirip dengan hormon testosteron. Kadal juga berkhasiat sebagai pereda otot paru-paru yang sedang tegang akibat kurang pasokan oksigen. Bubuk kadal mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kadar gula darah, serta berfungsi sebagai antiaging atau antipenuaan. “Menurut penelitian di Cina, kadal mengandung protein, lemak, mineral, dan kalsium,” tutur Dr. Budi. 

Bagaimana cara mengolahnya?

“Buang seluruh isi organ tubuh beserta sisiknya. Cuci bersih bagian tubuh yang tersisa, lalu dilebarkan. Tubuh yang melebar tersebut ditusuk dengan kayu bambu hingga rata dan tipis. Sesudah siap, panggang hingga kering dengan suhu rendah,” ujarnya. Setelah kering, daging kadal siap digiling hingga berbentuk bubuk. Selanjutnya bisa dikonsumsi dalam takaran gram atau dimasukkan ke dalam kapsul. 

Cara lain, 5 ekor kadal panggang dimasukkan ke dalam wadah berisi 5 liter cairan arak  kuning. Diamkan selama satu malam, selanjutnya minum tiga kali satu sloki setiap hari. Dr. Budi mengingatkan, sebelum diolah menjadi obat, hendaknya buang bagian kepala dan ujung kaki kadal karena mengandung racun. Ekor adalah bagian yang paling berkhasiat dibanding bagian tubuh lainnya. Namun, ia tak menjelaskan alasannya. 

Penyakit yang di sebabkan oleh ROKOK


Rokok memiliki dampak yang sangat buruk, sebab rokok merusak hampir seluruh organ tubuh manusia, oleh karena itu merokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang sangat banyak, sedikitnya ada 24 penyakit yang fatal, misalnya kanker dan penyakit jantung. Dampak buruk merokok bagi kesehatan ini biasanya akan muncul dalam jangka waktu yang lama, di atas 5 tahun. Produk tembakau khususnya rokok dapat berbentuk sigaret, kretek, cerutu, lintingan, menggunakan pipa, tembakau yang disedot, ataupun tembakau tanpa asap.

Di dalam daftar di bawah diuraikan berbagai macam penyakit dan bagian-bagian tubuh yang dapat dipengaruhi oleh efek buruk merokok. Pria atau wanita yang merokok menghadapi resiko buruk yang sama, yaitu kematian. Selain itu ada resiko yang khusus bagi wanita yaitu terganggunya fungsi reproduksi.

Sampai saat ini tidak ditemukan satupun akibat baik dari menghisap rokok. Karena dampaknya yang sangat buruk bahkan dari kalangan agama pun sepakat untuk ikut mengurangi kebiasaan merokok di masyarakat, yaitu dengan mengeluarkan rekomendasi pelarangan merokok.

Berikut adalah penyakit-penyakit dan gangguan kesehatan pada organ tubuh yang disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Kanker :

  • Paru-paru (lung cancer)
  • Oral cavity
  • Pharynx
  • Larynx
  • Oesophagus (squamous cell carcinoma)
  • Oesophagus (adenocarcinoma)
  • Pancreas
  • Urinary bladder
  • Renal pelvis
  • Kidney (renal cell carcinoma)
  • Stomach
  • Uterine cervix
  • Granulocytic cells of bone marrow (myeoloid leukaemia)
  • Nasal cavities
  • Nasal sinuses
  • Liver

Sistem Pernafasan :
  • Chronic obstructive pulmonary disease (COPD)
  • Acute respiratory illnesses including pneumonia
  • Premature onset of and an accelerated decline in lung function
  • All major respiratory symptoms in adults, including coughing, phlegm, wheezing & dyspnoea
  • Poor asthma control

Sistem Kardiovaskular :
  • Coronary heart disease (CHD)
  • Cerebrovascula disease
  • Aortic aneurysm
  • Peripheral arteria

Penyakit lainnya :
  • Gastric ulcer
  • Cataract
  • Periodontitis
  • Duodenal ulcer
  • Adverse surgical outcomes related to wound healing and respiratory complications
  • Hip fracture
  • Reduced fertility in females
  • Crohn's disease
  • Age-related macular degeneration
  • Tobacco amblyopia
  • Osteoporosis

Gangguan sistem pernafasan khusus pada bayi / anak, yang ibunya merokok:
  • Impaired lung growth
  • Early-onset of lung function decline
  • Respiratory symptoms including coughing, phlegm, wheezing dyspnoea
  • Asthma-related symptoms (wheezing)

Sistem Reproduksi Wanita :
  • Pregnancy complications
  • Preterm delivery and shortened gestation
  • Foetal growth restrictions and low birth weight
  • Sudden infant death syndrome (SIDS)

Tujuh Makanan Favorit Anak Yang Tidak Sehat

Anak-anak merupakan masa yang kritis bagi pertumbuhan seseorang yang akan menentukan apakah ia akan tumbuh sehat dan normal atau tidak. Makanan merupakan salah satu faktor penting dalam hal ini. Tercukupi atau tidaknya asupan nutrisi dalam makanan, sehat atau tidaknya makanan, akan sangat mempengaruhi ketika anak menjadi dewasa, baik fisik maupun mental.

Mengatur makanan anak merupakan hal yang sangat sulit, karena anak mendapat asupan makanan tidak hanya di rumah, tetapi juga jajanan di lingkungan sekitar dan di sekolah. Apalagi jaman sekarang ini, makanan serba instant, serba mengandung pengawet, serba mengandung pewarna, dan berbagai zat kimia lainnya. Dalam hal ini pengawasan orang tua mutlak diperlukan.

Berbagai jenis makanan yang beredar, seperti makanan ringan, minuman kemasan, sangat menggiurkan bagi anak-anak. Dikemas dengan begitu menarik dan promosi yang intensif, makanan instant ini tidak mungkin dihindari kehadirannya di sekitar kita. Kebanyakan anak cenderung lebih suka mengonsumsi makanan dengan rasa lezat, rasa manis, bernilai kalori tinggi, tetapi kandungan gizinya rendah.

Berikut adalah tujuh jenis makanan favorit di kalangan anak-anak yang sebaiknya dibatasi konsumsinya. Selain karena bernilai kalori sangat tinggi, makanan ini pun mengandung kadar lemak dan gula yang tinggi, sehinga dapat memicu obesitas.

1. Chicken Nugget

Makanan ini paling sering muncul dalam daftar favorit anak-anak. Bahan dasar nugget ayam biasanya adalah potongan daging ayam beserta kulitnya yang mengandung lemak tinggi. Selain itu,  garam dan sirup jagung yang tinggi fruktosa (HFCS) sering dipakai untuk menambah rasa.

Sara penyajian yang digoreng dalam minyak terhidrogenasi membuat nugget mengandung kadar lemak trans yang tinggi. Belum lagi bila disantap dengan tambahan saus mayones yang tinggi lemak. Tidak diragukan lagi, ini adalah makanan yang lezat, tetapi nilai gizinya rendah. Dalam setiap 100 gram nugget ayam (6 potong) diperkirakan mengandung sekitar 300 kalori dengan kadar lemak mencapai 20 gram. Sebagai alternatifnya, Anda bisa menyajikan daging dada ayam yang dipanggang sendiri di rumah. Sajikan dengan suasana menyenangkan misalnya menggunakan cetakan kue untuk memotivasi anak menyantap makanan buatan sendiri di rumah.

2. Sereal berpemanis
Sereal yang sudah mengandung pemanis merupakan salah satu pilihan favorit si kecil.  Orang tua sebaiknya lebih selektif lagi dalam memilih sereal di pasaran. Pasalnya, beberapa sereal kini sudah bercampur dengan bahan pengawet kimia, minyak terhidrogenasi dan pewarna buatan. Sereal yang berasal dari gandum utuh adalah pilihan terbaik untuk sarapan anak Anda. Anda dapat membuatnya lebih nikmat dengan menambahkan kacang-kacangan, kismis, buah dan irisan pisang.  

3. Daging olahan
Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian anak-anak juga menyukai makanan dari bahan daging olahan seperti sosis, burger dan produk olahan lainnya. Padahal, konsumsi daging secara berlebihan diketahui dapat menyebabkan kanker, dan tinggi akan lemak jenuh serta natrium.

Sebuah penelitian di Los Angeles menyimpulkan, anak-anak yang makan 12 porsi hot dog per bulan berisiko lebih besar terkena leukemia. Untuk pilihan yang lebih sehat, konsumsilah produk daging non-olahan seperti ayam tanpa lemak atau beragam jenis ikan air tawar atau pun ikan laut.  

4. Minuman manis 
Konsumsi minuman mengandung gula tinggi seperti jus kemasan atau minuman ringan secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas dan kerusakan gigi pada anak-anak. Rekomendasi dari American Academy of Pediatrics, konsumsi untuk anak di atas 6 tahun tidak lebih dari 235-350 mililiter.

Untuk pilihan terbaik, biasakan membuat jus dengan buah-buahan asli di rumah. Anak-anak juga perlu mendapat edukasi  tentang pentingnya minum air putih. Biasakan anak-anak untuk selalu membawa air putih di dalam tas mereka.

Jika anak Anda tidak menyukai air putih, Anda dapat menambahkan sedikit jus buah asli di dalamnya untuk menambah sedikit rasa. Susu rendah lemak sebagai sumber kalsium, protein dan Vitamin A, bisa menjadi alternatif pilihan minuman sehat untuk anak-anak.

5. Kentang Goreng
Ini adalah cemilan populer di kalangan anak-anak dan dewasa. Makanan ini memiliki kandungan tinggi lemak, tinggi kalori dan tinggi natrium, dan digoreng menggunakan minyak terhidrogenasi yang mengandung lemak trans.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa pemanasan makanan renyah seperti kentang dalam suhu yang ekstrem memicu zat karsinogen disebut akrilamida. Anda dapat memilih untuk mengenalkan wortel atau seledri pada anak-anak dan bukannya kentang goreng. Irisan kentang panggang dengan sedikit minyak zaitun juga merupakan pilihan yang sehat.  

6. Donat

Makanan ini  juga termasuk favorit semua kalangan. Namun sayangnya, nilai gizinya sangat rendah. Donat adalah makanan berlemak, manis dan tinggi akan kandungan lemak trans. Hal yang mengejutkan adalah  makanan ini juga sering disajikan sebagai sarapan untuk anak-anak.

Sebaiknya sajikan donat sebagai makanan penutup, namun tidak di saat sarapan. Mungkin akan sulit menerapkan hal tersebut pada anak, tetapi anda harus mulai melakukan kontrol ketat untuk yang satu ini.  

7. Pizza

Makanan ini memang dapat menjadi pilihan yang lebih baik. Tetapi toppingnya seperti pepperoni atau sosis mengandung nitrat karsinogenik dan nitrat. Kelebihan jumlah keju juga akan menambah kalori ekstra!

Akan lebih baik jika Anda menyiapkan pizza berbahan gandum di rumah.  Tambahkan saus jagung yang bebas fruktosa (HFCS), sayur-sayuran, sedikit keju dan kemudian di panggang.

Ketika anda mendidik anak untuk makan sehat, sebaiknya anda juga harus memberikan contoh. Ingat, seorang anak biasanya akan mengamati setiap aktivitas orang terdekatnya. Jadi, ketika Anda menjalani gaya hidup sehat, anak-anak anda akan belajar untuk melakukannya.

Cara Makan Sehat yang Harus Dibiasakan Sejak Kecil
Jika sudah terlanjur menjadi kebiasaan, cara makan yang tidak sehat akan sulit diubah. Karena itu, untuk mencegah kegemukan dan berbagai komplikasinya, cara makan yang sehat berikut ini harus mulai dibiasakan sejak masih anak-anak.

Beberapa mitos yang salah sering memicu kebiasaan atau pola makan yang tidak sehat pada anak-anak. Salah satu contohnya adalah banyak orangtua menganggap sarapan sebelum berangkat sekolah tidak penting karena bisa bikin anak-anak cepat gemuk.

Dr Saptawati Bardosono, ahli gizi dari Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) menegaskan tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa sarapan bikin gemuk. Justru dengan sarapan, konsentrasi anak di sekolah lebih bagus sehingga prestasi belajarnya meningkat.

Pola makan yang benar dan sehat untuk anak menurut Dr Tati, demikian ia biasa disapa, adalah sebagai berikut.

1. Jadwal makan yang teratur
Sejak kecil, anak harus dibiasakan untuk makan sebelum merasa lapar dan berhenti sebelum benar-benar kenyang. Jadwal makan sebisa mungkin harus teratur dan jangan melewatkan jadwal makan terutama makan pagi.

2. Makan porsi kecil namun sering
Hindari makan dalam porsi berlebihan, karena akan membebani sistem pencernaan dan bisa memicu gangguan metabolisme. Pola makan yang lebih sehat adalah makan sedikit-sedikit tetapi sering.

3. Hindari makan sambil beraktivitas
Seperti ketika sedang belajar, anak-anak juga harus menjaga konsentrasi saat makan. Usahakan tidak makan sambil nonton TV, membaca buku atau bercanda dengan teman-teman karena hal itu bisa rasa lapar cepat datang kembali.

4. Makanan harus dikunyah sempurna
Pada dasarnya, mengunyah makanan merupakan proses pencernaan fisik yang masih akan dilanjutkan dengan pencernaan kimiawi oleh enzim-enzim di lambung dan usus. Jangan terburu-buru, karena pencernaan fisik yang sempurna di mulut akan sangat meringankan kerja enzim.

5. Imbangi dengan olahraga dan aktivitas fisik
Kegemukan pada anak dipicu oleh ketidakseimbangan antara asupan kalori dalam makanan dengan pembakarannya melalui aktivitas fisik. Makin banyak porsi makan, olahraga atau permainan fisik harus ditingkatkan sedangkan nonton TV dan bermain video game harus dikurangi.

Sementara untuk snack atau makanan ringan, Dr Tati menganjurkan agar tidak mengonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung kalori, garam dan lemak. Ketiga komponen ini bisa memicu berbagai penyakit seperti obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kanker dan diabetes.

Burger dan gorengan tidak dianjurkan karena tinggi lemak dan kalori, sementara yang lebih sehat adalah buah, roti gandum dan kacang-kacangan. Susu juga sehat, namun harus dipilih yang rendah lemak dan laktosa agar tidak menyebabkan kegemukan.

"Hasil riset kami menunjukkan bahwa salah satu sumber utama asupan gula berlebih pada anak adalah susu," ungkap Dr Tati dalam acara parenting class bertema Memilih Jajanan Anak dan Nutrisi yang Sehat.

Bahaya Makan Jeruk dan Minum Obat Secara Bersamaan

Jika Anda penggemar berat buah atau jus jeruk, tapi di sisi lain sedang menjalani pengobatan jangka panjang dan harus mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan, sebaiknya berhati-hati. Mengapa? Karena buah kaya vitamin C ini dapat mempengaruhi dan mengganggu kerja dari obat-obatan.

Katherne Zeratsky, ahli gizi dari Mayo Clinic mengatakan, jus jeruk atau produk jeruk lainnya dapat mengganggu beberapa jenis obat tertentu. Zeratsky mengatakan, meskipun interaksi yang ditimbulkan cukup ringan, tetapi pada beberapa kasus hal ini bisa berdampak serius dan menyebabkan masalah kesehatan.

Ia juga mengimbau agar setiap orang melakukan konsultasi ke dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi grapefruit (jeruk) atau produk buah jeruk lainnya apabila sedang mengonsumsi berbagai jenis obat. Apabila memungkinkan, akan lebih baik jika Anda tidak mengonsumsi jeruk sama sekali. Meskipun Anda minum obat dan produk jeruk dalam waktu yang berbeda interaksi tersebut akan tetap ada.

Zeratsky mengungkapkan bahwa ada bahan kimia tertentu yang terkandung dalam buah jeruk yang dapat mengganggu metabolisme berbagai jenis obat dalam sistem pencernaan Anda. Kondisi ini dapat membahayakan pengobatan Anda dan menyebabkan efek samping yang serius.

Selain jeruk masih ada banyak lagi makanan yang dapat memicu interaksi obat. Berikut adalah beberapa contoh obat-obat resep yang dapat memicu interaksi serius jika dikonsumsi bersamaan dengan produk jeruk. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa berkonsultasi ke dokter atau apoteker untuk melihat apakah obat yang Anda konsumsi juga memiliki interaksi dengan apa yang sering Anda konsumsi :
  • Obat anti kecemasan: Buspirone
  • Obat anti-aritmia: Amiodarone (Cordarone)
  • Antidepresan: Sertraline (Zoloft)
  • Antihistamin Fexofenadine: (Allegra)
  • Anti-retroviral: Saquinavir (Invirase), indinavir (Crixivan)
  • Obat anti kejang: Carbamazepine (Carbatrol, Tegretol)
  • Calcium channel blocker (obat hipertensi): Nifedipin (Procardia), Nimodipin (Nimotop), Nisoldipine (Sular)
  • Imunosupresan siklosporin: (Neoral, Sandimmune), Tacrolimus (Prograf), Sirolimus (Rapamune)
  • Statin (obat penurun kolesterol): Simvastatin (Zocor), Lovastatin (Mevacor), Atorvastatin (Lipitor)

3 Benda Ini Dapat Timbulkan Jerawat

Jerawat timbul tidak hanya karena debu dari luar atau makanan yang Anda konsumsi saja. Ada faktor lain yang dapat memicu timbulnya titik merah di wajah tersebut.

Waspadalah terhadap barang-barang yang Anda gunakan berikut ini. Dirangkum Allure, inilah dapat menyebabkan jerawat.

1. Kacamata
Mungkin Anda tidak menyangka jika kaca mata yang sering dipakai bisa menimbulkan jerawat. "Bakteri dapat tumbuh dari kacamata Anda, untuk itu pikirkan kembali saat ingin menaruh kaca mata di dalam tas atau di atas meja," ujar dokter David Bank dari Center for Dermatology, Cosmetic, and Laser Surgery di Mt. Kisco, New York.

Untuk mencegah bakteri menempel pada aksesori mata Anda tersebut, cucilah kaca mata dengan sabun pencuci tangan anti bakteri serta air hangat setiap dua hari sekali. Minimal, sebelum digunakan, lapa kacamata dengan semprotan khusus pembersih kacamata.

2. Ponsel
Ponsel juga salah satu penyumbang bakteri yang dapat menyebabkan Anda berjerawat. Dr. David Bank menyarankan agar Anda membersihkan casing ponsel dengan pembersih antibakteri setiap satu hari sekali. Selain itu gunakan head set saat menelepon dalam waktu yang cukup lama.

3. Kuas Make Up
Selain kacamata dan ponsel, kuas make-up juga menjadi tempat 'bersarangnya' bakteri. Untuk melakukan pencegahan, semprot kuas rias Anda dengan serum anti bakteri sekali dalam seminggu demi kebersihan kulit Anda. Anda pun dapat mencuci kuas make-up dengan sabun berformula lembut, seperti sabun bayi.

Tips Menangani Mata Bayi Belekan

Saat si kecil hadir di dalam keluarga tentu menjadi momen yang membahagiakan. Sebagai orang tua, kita akan menjaga si kecil agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Akan tetapi, sering muncul gangguan pada si kecil. Seringkali kita menganggapnya sepele padahal jika dibiarkan bisa berbahaya, salah satunya yaitu mata belekan.

Cara Menangani Mata Bayi Belekan

Belekan bisa disebabkan terjadinya infeksi pada jalan lahir. Belekan juga bisa disebabkan sumbatan yang terjadi pada saluran air mata. Sumbatan ini menyebabkan aliran air ke rongga hidung terhambat dan air pun keluar dari mata bayi secara terus-menerus. Sehingga menyebabkan infeksi pada mata bayi.
Mata bayi yang belekan secara normal biasanya sedikit mengeluarkan kotoran dan hanya terjadi pada pagi hari. Jika hal ini terjadi, Anda dapat menanganinya dengan membersihkan mata yang belekan dengan kapas yang dibasahi air hangat. Bersihkan mata bayi yang belekan dari arah dalam ke luar mata sehingga kotoran tersapu bersih. Sementara itu, jika mata bayi belekannya tidak normal ditandai dengan kotoran yang keluar sangat banyak bahkan menyebabkan lengket matanya maka kompreslah mata dengan kapas yang sudah dicelup ke dalam air hangat. Dengan cara seperti itu kotoran mata dapat dibersihkan dengan lebih mudah.
Sebaiknya Anda memantau terus kotoran yang keluar dari mata bayi Anda. Jika Anda sudah membersihkannya tapi tetap belekan lebih dari tiga hari, segeralah bawa ke dokter anak. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pemijatan untuk mengatasi penyumbatan yang terjadi pada saluran air mata. Pijatan dilakukan di area mata bagian dalam yang dekat dengan pangkal hidung karena di sanalah daerah saluran air mata. Sebelum pemijatan dilakukan, cucilah tangan dengan bersih. Pastikan kuku Anda pendek dan kulit Anda tidak kasar. Gerakan ibu jari untuk memijat are mata bagian dalam hingga pangkal hidung. Pijatlah dengan lembut dan lakukan setiap hari sehingga dapat menghentikan air mata yang keluar terus menerus dari mata bayi.

Contoh Surat Kuasa


 SURAT KUASA

Berikut ini adalah contoh surat kuasa dan teman saya yang di tugas kan guru Bahasa Indonesia di sekolah
Yang bertanda tangan di bawah ini :
            nama               : Dr.Novita Sari,Sp.OG.
            alamat             : Jln.Slamet Riady, Lrg.Karang Kuang, No.66, Palembang
            umur                : 31 tahun
            pekerjaan      :  dokter kandungan
            no.KTP           : 05111996
dengan ini memberi kuasa kepada :
            nama               : Dr.Resti Oktayani,Sp.A.
            alamat             : Blok B, No.11, Komp.Kedamaian Permai, Palembang
            umur                : 30 tahun
            pekerjaan       :  dokter anak
            no.KTP           : 07101996
            hubungan     : rekan kerja
Untuk memeriksa dan merawat anak saya yang bernama M.Haikal Arrasyid selama dalam keadaan sakit.
Surat kuasa ini di buat dengan sebenarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.


                                                                                    Palembang,25 September 2012
    Penerima Kuasa                                                                                   Pemberi Kuasa


Dr.Resti Oktayani,Sp.A                                                                      Dr.Novita Sari,Sp.OG

Cara Mengatasi Radang Popok Pada Bayi

Kulit bayi yang halus dan lembut alami, membuat para orang tua ingin melindunginya dari berbagai masalah kulit, misalnya dengan cara memberikan lotion, bedak, atau produk perawatan kulit bayi yang lainnya. Padahal penggunaan produk-produk tersebut tidaklah selalu benar bahkan seringkali menyebabkan beberapa masalah kulit. Masalah lain yang sering dialami oleh para orang tua adalah radang popok, mereka seringkali bingung bagaimana dan tidak tahu cara mengatasi radang popok pada bayi.
Masalah radang popok pada bayi sangat umum dialami oleh bayi pada usia 0-12 bulan karena periode ini biasanya bayi masih sering menggunakan popok. Radang popok terjadi akibat beberapa hal, diantaranya : gesekan kulit bayi dengan popok basah, iritasi urin atau feces, infeksi jamur, alergi (sabun, detergen, tissue, bahan popok, dan lain-lain). Radang popok sendiri biasanya terdapat di daerah sekitar pantat dan kelamin, perut bagian bawah, serta selangkangan bayi. Gejala yang timbul adalah ruam berwarna kemerahan, timbul bintil-bintil merah, lecet, bersisik dan bengkak. Jika mendapati kondisi tersebut, orang tua jangan sampai mengabaikannya karena jika dibiarkan radang akan menyebar ke anggota tubuh yang lain. Untuk itu, mereka harus segera mencari cara mengatasi radang popok pada bayi.

Cara Mengatasi Radang Popok Pada Bayi

  1. Selalu bersihkan tubuh bayi sesaat setelah buang air besar dan kecil, dan hindari menggosok kulit bayi yang kemerahan.
  2. Sebelum memakaikan popok, Anda harus mengeringkan bagian tubuh bayi yang basah dengan cara menepuk lembut permukaan kulitnya dengan handuk atau mengangin-anginkan sebentar.
  3. Gunakan krim atau salep khusus yang mengandung bahan zinc untuk melindungi kulit bayi yang terserang radang.
  4. Jika radang tak juga sembuh dan justru bertambah parah, misalnya melepuh atau keluar nanah, maka Anda bisa segera konsultasi ke dokter spesialis kulit agar dilakukan tindakan segera.

Tips Mencegah Radang Popok Pada Bayi

  1. Pastikan popok dalam kondisi kering, sering-seringlah mengganti popok bayi Anda.
  2. Gunakan produk perawatan kulit bayi yang tepat.
  3. Hindari makanan yang menimbulkan alergi.
  4. Cuci popok dan pakaian bayi dengan detergen lembut dan bilas sampai bersih.
  5. Hindari pemakaian popok yang terlalu ketat karena akan membuat kulit bayi lembab dan mudah lecet.
  6. Hindari pemakaian popok dengan bahan karet atau plastic.

Lirik Lagu Dream High

I Dream High nan kkumeul kkujyo
Hindeul ttaemyeon nan nuneul gamgo
Kkumi irweojineun geu sunganeul
Gyesok tteoollimyeo ireonajyo

Duryeoumeui kkeuteseo nan
Oneuldo heundeullijyo
Tteorejilkka bwa naraoreuji mothaneun
Eorin saecheoreom

Jakku naega hal su inna
Nae kkumi irweojilkka
Naeditneun georeum han georeum georeumi dashi
Duryeoweo jil ttaemada

I Dream High nan kkumeul kkujyo
Himdeul ttaemyeon nan nuneul gamgo
Kkumi irweojineun geu sunganeul
Gyesok tteoollimyeo ireonajyo

I can fly high naneun mideoyo
Eonjenganeun jeo haneulwiro
Nalgaereul pyeogo nugubodado
Jayurobge nopi nara oreul geoeyo

Neomeojin nal ireukkyeo jul
Yonggiga phiryohajyo
Meonjireul teolgo dashi ireona tto han beon
Ttwieogal yonggiga

Dashi han beon nareul midgo
Naeui unmyeongeul midgo
Modeun geol geolgo nae kkiboda nopeun byeogeul
Ttwieo neomeulgeoeyo ~Oh

I Dream High nan kkumeul kkujyo ( kkumeul kkujyo )
Himdeul ttaemyeon nan nuneul gamgo
Kkumi irweojineun geu sunganeul
Gyesok tteoollimyeo ( dashi ) ireonajyo ( Oh )

I can fly high naneun mideoyo
Eonjenganeun jeo haneulwiro ( jeo haneulwiro )
Nalgaereul pyeogo nugubodado
Jayurobge nopi ( nan ) nara oreul geoeyo

Kiat Menghadapi Bayi Picky Eater

Picky eater atau kondisi dimana bayi atau anak usia 1 tahun yang baru mulai makan, dimana biasanya mereka suka untuk pilih-pilih makanan adalah sebuah permasalahan sendiri dalam hal kebiasaan makan bayi. Selain susah makan, masalah bayi picky eater ini adalah hal yang dirasakan amat penting untuk segera diatasi karena berkaitan dengan asupan gizi yang diperlukan di masa perkembangan dirinya. Tips bayi yang mengalami picky eater atau pilih-pilih makanan haruslah didapatkan dengan tepat.
Bayi yang picky eater hanya mau satu atau dua jenis makanan saja. Maka dari itu, yang harus dilakukan orang tua adalah berusaha dengan sabar dan terus-menerus untuk memperkenalkan banyak jenis makanan kepada bayinya.
Mungkin reaksi pertama yang diberikan bayi akan menolak makanan tersebut atau malah akan tutup mulut. Dalam menghadapi masalah yang seperti ini maka orang tua tidak boleh putus asa. Memiliki sikap putus asa berarti sama saja kita membiarkan mereka kelaparan dan kekurangan asupan gizi yang baik. Oleh karena itu, ada baiknya mengikuti tips bayi yang mengalami picky eater atau pilih-pilih makanan.
  1. Buatlah variasi makanan
    Banyaknya variasi makanan yang berlimpah akan membuat bayi lebih bernafsu untuk makan. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus sejak awal menyiapkan menu-menu yang harus disiapkan atau dimasak untuk setiap hari.
    Dengan demikian maka kita akan lebih siap menghadapi apa saja keinginan si bayi. Hendaknya memilih variasi menu makanan yang disukai. Jadi siapkan sejauh mungkin menu makanan sebelum memasak.
  2. Jangan memaksa
    Kita sebagai orang tua hendaknya menghargai bayi yang masih belum ingin makan. Mereka pasti akan makan di waktu mereka merasa lapar. Kondisi orang tua yang sering memaksa makan malah menjadikan momen tersebut menjadi sebuah pertengkaran batin bagi bayi. Oleh karena itu, jangan memaksa dan berilah sedikit makanan ketika mereka meminta dan baru ditambah jika bayi minta tambah makanan.
  3. Makan yang menyenangkan
    Ingat untuk selalu membuat suasana yang sangat menyenangkan bagi bayi. Ketika makan maka orang tua harus bisa menciptakan kondisi menyenangkan karena hal tersebut mampu membuat bayi lebih semangat saat makan.
Demikianlah beberapa tips bayi yang mengalami picky eater atau pilih-pilih makanan

By :
Free Blog Templates